[Baru] Wajib Tahu! 4 Tips Menyusui untuk Ibu Baru, Praktis & Anti-Bingung

Jakarta

Banyak hal yang harus dipelajari saat mulai mengarungi perjalanan menjadi seorang ibu baru. Tak sedikit dari Bunda yang kerap mengalami masalah dan kebingungan di masa-masa awal menyusui.

Meski begitu, pantang sekali bagi Bunda untuk overthinking di awal masa menyusui. Pasalnya, stres dan bingung ini rawan berpengaruh pada produksi ASI. Jika tidak dikelola, stress justru dapat mengganggu kondisi fisik dan mental Bunda saat menyusui.

Supaya ASI tetap lancar dan Bunda tetap sehat selama masa menyusui, yuk simak beberapa tips praktis berikut demi bantu Bunda menjalani masa menyusui dengan tenang dan bahagia.

1. Ikut Kelas Menyusui

Belajar langsung dari ahli dan pakarnya bisa bantu Bunda lebih siap menjalani masa menyusui. Untuk itu, Bunda bisa ikuti kelas khusus dalam menyambut masa-masa menyusui bagi Bunda yang akan menyambut kelahiran anak pertama.

Melalui kelas ini, Bunda bisa mendapatkan informasi dan instuksi cara menyusui yang baik langsung dari ahli atau konsultan laktasi. Serta terhindar dari mitos-mitos menyusui yang rawan bikin pusing kepala. Kelas menyusui ini biasanya bisa Bunda temui di rumah sakit atau klinik ibu dan anak terdekat.

2. Siapkan Perlengkapan Menyusui yang Nyaman

Hal yang penting untuk diperhatikan selama di awal menyusui adalah kenyamanan Bunda. Untuk itu, Bunda bisa menyiapkan beberapa perlengkapan esensial yang dapat membantu Bunda lebih nyaman selama masa menyusui. Misalnya, bra menyusui yang memberi penyangga payudara yang tepat dan mudah dibuka kapan pun Si Kecil butuh ASI.

Siapkan juga bantalan payudara yang dapat membantu Bunda mencegah kebocoran ASI serta nipple cream untuk bantu atasi iritasi di puting karena menyusui. Untuk Bunda yang sering bepergian, nursing cover yang berguna sebagai penutup saat menyusui di ruang publik.

3. Kenali Isyarat Bayi Saat Menyusui

Setiap anak memiliki cara dan pola yang berbeda saat ingin menyusui. Ada bayi yang menyusu sedikit dalam waktu berdekatan, ada pula yang menyusu dalam jangka waktu jarang dengan jumlah banyak.
Bagaimana pun, hal tersebut merupakan hal yang wajar selama Bunda mengenali isyarat bayi dengan baik. Sehingga bayi tak keburu rewel dan Bunda pun dapat memberi ASI tepat sesuai kebutuhan Si Kecil.

4. Jaga Kesehatan agar Kecukupan ASI untuk Bayi Terpenuhi

Selain belajar teknik menyusui yang baik dan menyiapkan perlengkapan yang tepat, Bunda juga perlu menjaga kesehatan dengan baik agar produksi ASI tetap lancar. Kebutuhan ASI penting untuk dipenuhi karena ASI mengandung nutrisi dan antibodi yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Untuk menjaga kesehatan dengan optimal, Bunda perlu memerhatikan asupan nutrisi dan kesehatan selama masa menyusui. Salah satunya, dengan memenuhi kebutuhan mineral esensial dalam tubuh.

Kecukupan mineral akan berpengaruh penting terhadap kesehatan Bunda. Otomatis, hal ini pun berpengaruh pada kesehatan Si Kecil. Demi memastikan tubuh tetap sehat dan kecukupan mineral terpenuhi saat menyusui, Bunda perlu mengonsumsi banyak buah dan sayuran.

Selain itu, ternyata air mineral juga dapat membantu tercukupinya kebutuhan mineral yang baik untuk tubuh loh, Bun! Tapi hal ini harus dipenuhi dengan memilih air mineral yang mengandung mineral esensial berkualitas. Sebab ternyata tidak semua air mineral mengandung mineral berkualitas.

Salah satu air mineral yang mengandung mineral esensial adalah Le Minerale. Le Minerale diproduksi dari sumber mata air berkualitas tinggi dan mengandung mineral esensial seimbang yang terjaga aman kualitasnya. Bunda dapat mengetahui komposisi mineral esensialnya di nutrition fact yang terdapat dalam kemasannya. Dengan demikian, Le Minerale dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral esensial yang sehat untuk tubuh saat menyusui.

Kandungan mineral esensial Le Minerale juga punya rasa yang lebih segar dan lebih enteng. Sehingga Bunda dapat minum lebih banyak tanpa rasa eneg. Bunda pun bisa tetap segar, sehat, dan bisa menyerap berbagai mineral esensial saat menyusui.

Buat Bunda yang tengah menyusui, pilihlah air mineral yang mengandung mineral esensial dengan standar kualitas terbaik bagi keluarga seperti Le Minerale. Le Minerale, lebih sehat lebih bersih.

(adv/adv)




Sumber: https://www.haibunda.com/advertorial/20230111140300-80-294438/wajib-tahu-4-tips-menyusui-untuk-ibu-baru-praktis-anti-bingung