[Baru] Usai Viral, Alfin Harap Pengendara Beri Jalan Kendaraan Prioritas Melintas

Jakarta

Alfin Alfarizi (14), pelajar SMPN 7 Kota Bogor yang viral usai bantu mobil pemadam kebakaran (Damkar) terjebak macet mengajak pengendara lain untuk beri jalan kendaraan prioritas. Hal itu agar penanganan terhadap hal yang darurat cepat dilakukan.

“Untuk kendaraan yang lain, kalau ada kendaraan prioritas tolong lah kasih jalan. Mungkin tidak lama, paling sedetik dua detik, atau semenit-dua menit paling lama. Karena kan memang takutnya benar-benar ada orang yang lagi butuh pertolongan buru-buru,” kata Alfin di kediamannya, Senin (23/1/2023).

Alfin mengaku kerap mendapati pengendara yang enggan memberi jalan untuk kendaraan prioritas. Ia juga tidak setuju jika ada pengendara yang sengaja menghalangi laju kendaraan prioritas.

“Suka kesel sendiri kalau ada yang nggak kasih jalan, pengen bantu aja sama kendaraan prioritas,” kata bocah yang bercita-cita ingin menjadi anggota TNI itu.

Saat membuka akses untuk Damkar di lokasi macet beberapa hari lalu, kata Alfin, ia juga sempat mendapati pengendara yang enggan memberi jalan untuk Damkar.

“Iya, karena di situ juga, pas kejadian kemarin itu masih ada kendaraan yang belum sadar gitu. Mungkin walaupun sirine sudah kencang, mungkin karena dia dari dalam kedap suara ya, jadi nggak denger. Pas saya ke depan mobilnya kasih kode ada Damkar di belakang, dia baru minggir,” katanya.

Alfin Alfarizi (14), pelajar SMPN 7 Kota Bogor merupakan sosok viral karena membantu akses jalan Damkar yang terjebak macet. Saat itu, unit Damkar Sektor Ciomas sedang melaju ke mako usai bantu pemadaman di lokasi kebakaran di Wanaherang, Gunungputri, Kabupaten Bogor.

“Posisi lagi menuju mako dari TKP kebakaran di Gunung Putri yang lapak rongsokan. Jadi pas sampai Mal BTM jakur macet parah, karena jam pulang kerja ya, tapi kita kan dituntut pulang cepat karena harus terus siaga,” kata Wakil Danru Damkar Sektor Ciomas Budi Faturachman dihubungi detikcom, Senin (23/1/2023).

“Engga nyangka aja itu anak berani, itu mobil lagi rapet, macet, dia berani aja itu bukain jalur, salut saya juga,” tambahnya

(dek/dek)

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6530597/usai-viral-alfin-harap-pengendara-beri-jalan-kendaraan-prioritas-melintas