[Baru] Ridwan Kamil Gabung Partai Golkar, Pengamat: Langkah yang Tepat

Kamis, 19 Januari 2023 – 10:01 WIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto didampingi jajaran pimpinan secara resmi menerima Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) sebagai Kader Partai Golkar pada Rabu, 18 Januari 2023. Foto: Dok. Partai Golkar

jabar.jpnn.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi menjadi kader Partai Golkar. Langkah orang nomor satu di Jawa Barat itu dinilai tepat dan strategis.

Pengamat politik Philips J Vermonte mengatakan, keputusan Ridwan Kamil merupakan langkah strategis dan menguntungkan dilihat dari latar belakang teknoratis.

“Karena orang-orang seperti Kang Emil (Ridwan Kamil) bisa mewarnai bagaimana partai politik melakukan fungsinya. Ada beberapa fungsi di antaranya pengawasan, pembuat undang-undang, fungsi perwakilan dan budgeting. Dari empat itu tiga diantaranya fungsi teknoratis,” kata Philips dalam keterangan resminya kepada JPNN.com, dikutip Kamis (19/1).

Menurutnya, pengalaman Ridwan Kamil di bidang eksekutif, juga arsitek yang paham bidangnya akan menambah kemampuan Golkar untuk bisa tetap menjadi partai teknokrat sebagaimana awalnya dibentuk oleh golongan karya.

“Jadi seperti natural Kang Emil masuk Golkar, sudah waktunya,” tuturnya.

“Yang kami inginkan adalah partai politik yang kuat, demokratis dan inovatis. Kalau partai tidak diperkuat oleh orang-orang seperti Kang Emil tujuan itu tidak akan tercapai,” sambung Philips.

Disi lain langkah ini juga tepat bagi karir politik Ridwan Kamil. Philip menilai setelah adanya era otonomi daerah, banyak memunculkan calon pemimpin nasional dari daerah.
“Jokowi itu anak kandungnya desentralisasi, sebagai presiden buah dari desentralisasi,” tuturnya.

Desentralisasi mendorong masyarakat untuk bisa mengevaluasi mana kepala daerah yang baik atau yang tidak cakap memimpin. Yang baik akan mendapatkan kepercayaan sekaligus penghargaan dari masyarakat meniti karir kepemimpinan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi menjadi kader Partai Golkar. Begini respons pengamat politik Philips J Vermonte.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News

Sumber: https://jabar.jpnn.com/politik/8625/ridwan-kamil-gabung-partai-golkar-pengamat-langkah-yang-tepat