[Baru] Revisi Perda Penguatan Koperasi Masih Berproses – Pojoksatu.id

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bekasi Ida Farida. Foto: Istimewa

POJOKSATU.id, KABUPATEN BEKASI – Revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Usaha Mikro sedang ditelaah oleh Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Bekasi, Ida Farida, menjelaskan revisi perda itu akan menguatkan kelembagaan koperasi.

“Kita sudah sampaikan ke bagian hukum. Dari Tahun 2022 revisi sudah dilakukan. Mungkin masuk Prolegda (Program Legislasi Daerah) di Tahun 2023,” kata Ida kepada awak media, Rabu,18 Januari 2023.

Dalam perda yang terdahulu kata Ida lebih difokuskan ke UMKM, sehingga pada revisi tersebut akan lebih menguatkan kelembagaan koperasi.

BACA JUGA: Dinkop UKM Perkuat Kelembagaan Koperasi Lewat Tim Kopi Panas

“Karena memang di perda yang lama itu kan lebih ke UMKM, koperasinya belum ada. Di perda yang terbaru itu imbanglah, koperasinya ada UMKM-nya. Karena kan dinasnya Koperasi dan UMKM,” tutur dia.

Ida mengaku tidak ada target khusus kapan revisi perda itu diterbitkan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Kita menyerahkan sepenuhnya ke bagian hukum, secara materi kami sudah final. Nanti bagian hukum yang menyerahkan ke DPRD,” demikian kata dia. (Andi Saddam)

 

 

Sumber: https://pojoksatu.id/bekasi/2023/01/18/revisi-perda-penguatan-koperasi-masih-berproses/