[Baru] Protein Urine Positif 1,2,3 dan 4 pada Hasil Cek Kehamilan

Jakarta

Saat Bunda melakukan tes kehamilan, urine menjadi salah satu alat penting untuk memastikan kemungkinan hamil atau tidak. Selain itu, melansir dari Parents, memeriksa jumlah protein dalam urine adalah salah satu keharusan untuk mengetahui kondisi kesehatan Bunda hamil secara mendetail. 

Mengutip dari Repository Unimus, pemeriksaan protein dalam urine ini bertujuan mengetahui risiko komplikasi atau preklamsia pada ibu hamil. Pasalnya, preeklamsia sering kali menjadi penyebab masalah dalam kehamilan maupun persalinan.  

Yuk kita kenal lebih jauh tentang protein urine positif 1, 2, 3, dan 4 pada Bunda hamil. Simak terus, Bunda. 

Protein urine positif 1,2,3, dan 4 pada ibu hamil

Mengutip BellyBelly, kadar protein urine yang rendah pada Bunda hamil adalah hal yang dianggap normal. Masalahnya justru ada pada mereka dengan protein urine yang berada di atas ambang normal. Hal ini disebut berpotensi memicu komplikasi serius pada Bunda hamil.

Pada Bunda normal, kadar protein urine normal adalah sekitar 150 mg/hari, sedangkan saat hamil, jumlah tersebut dapat meningkat sampai 300 mg/hari. Dan hal tersebut dinyatakan normal, Bunda. Mengingat berbagai perubahan tubuh yang terjadi karena kehamilan dapat memicu peningkatan tersebut. 

Melansir dari beberapa sumber, arti protein urine positif 1, 2, 3, dan 4 pada Bunda hamil merupakan rentang hasil tes kandungan protein yang terdapat pada urine Bunda hamil. 

Rentang tersebut ditandai dengan + hingga ++++, Bunda. Berikut penjabarannya:

1. Protein urine positif 1 (+1) menunjukkan gejala kebocoran protein dalam urine, yang disebabkan adanya gangguan ginjal. 
2. Protein urine positif 2 (+2) berarti ada kebocoran pada ginjal karena darah tinggi. 
3. Protein urine positif 3 (+3) artinya proses penyaringan pada ginjal menurun.
4. Protein urine positif 4 (+4) artinya ginjal sudah dalam kondisi kronis karena hanya bisa menjalankan fungsinya sebatas 15 hingga 29 persen saja, Bunda. 

Meski begitu, keberadaan protein dalam urine tidak serta merta menandakan Bunda hamil mengalami preeklamsia ya. Sebab preeklamsia juga bisa terjadi pada Bunda yang urinenya tidak mengandung protein. 

“Jika usia kehamilan sudah lebih dari 20 minggu, ada kemungkinan preeklamsia meningkat dan pasien perlu pemeriksaan darah jika diperlukan. Bahkan akan diminta mengumpulkan urinenya selama 24 jam untuk melihat bagaimana banyak yang dikeluarkan selama waktu itu. Inilah mengapa cek prenatal sangat penting,” nasihat Obgyn Amy Wetter pada laman Verywell Family. 

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 cara tes kehamilan tradisional:

[Gambas:Video Haibunda]

Kehamilan Trimester 1
Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu.
Cek Yuk arrow-right

Sumber: https://www.haibunda.com/kehamilan/20230121140242-49-295373/memahami-arti-protein-urine-positif-123-dan-4-pada-hasil-cek-kehamilan