[Baru] Pengamat Nilai Pertemuan Erick Thohir dengan Megawati sebagai Penjajakan Menuju Pilpres 2024

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri (Fordekiis) se-Indonesia, Andy Fefta Wijaya menilai pertemuan yang dilakukan antara Megawati Soekarnoputri dengan Erick Thohir dinilai sebagai langkah yang sangat tepat guna melakukan penjajakan kepada partai terbesar di Indonesia.

Langkah penjajakan ini sangat perlu dilakukan oleh Erick Thohir jika ingin maju di kontestasi pilpres 2024.

Selain itu kedekatan Megawati Soekarnoputri dan Erick Thohir juga bisa dijadikan tolak ukur respons masyarakat ketika kedua tokoh ini dekat dan berpotensi menjalin komunikasi politik menuju 2024.

Jika masyarakat memandang gabungan dua tokoh ini positif, komunikasi politik antara Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum PDIP dengan Erick Thohir sebagai salah satu cawapres yang potensial dapat dilanjutkan.

Penjajakan dan komunikasi dengan tokoh sentral PDIP ini menurut Andy sangat perlu dilakukan oleh Erick Thohir jika ingin maju sebagai cawapres.

“Bagaimanapun Erick memiliki potensi untuk maju di pilpres 2024. Dan PDIP merupakan satu-satunya parpol yang dapat mengusung capres tanpa melalui koalisi. Sehingga ketika Erick dikawinkan dengan partai terbesar, ini akan membuat posisi keduanya menarik. Bahkan gabungan PDIP dan Erick merupakan gabungan yang bisa saling menguatkan di pilpres 2024 mendatang,” ujar Andy kepada wartawan, Kamis (19/1/2022).

Dari bahasa tubuh Megawati ketika bertemu dengan Erick Thohir dinilai Dekan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB), tak ada resistensi.

Bahkan, Andy menilai Megawati sangat menerima dengan baik dan merespons positif keberadaan Erick.

“Memang di dalam internal PDIP ada pro kontra terhadap kehadiran figus capres dan cawapres. Namun penentu utamanya kan tetap Megawati,” tuturnya.

Baca juga: Partai Buruh Tak Akan Bicara dengan Megawati dan Surya Paloh soal Dukungan untuk Ganjar dan Anies

Lanjut Andy, terlebih lagi dengan khrisma yang Megawati miliki, tentu dapat meredam pro kontra di internal PDIP.

Jika PDIP dapat mengusung Erick untuk maju di pilpres 2024,

Andy memperkirakan akan memberikan dampak signifikan bagi pileg 2024.

Terlebih lagi Erick memiliki kekuatan pemilih di generasi milenial dan generasi z.

Erick dinilai Andy memiliki kedekatan dengan calon pemilih milenial.

Sumber: https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2023/01/19/pengamat-nilai-pertemuan-erick-thohir-dengan-megawati-sebagai-penjajakan-menuju-pilpres-2024