[Baru] Pakar Nilai Gibran ‘Tidur Aja’ Bisa Menang Pilgub Jateng, Ini Kata PDIP

Jakarta

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka disebut bisa memenangi Pilgub Jateng 2024 meski ‘tidur saja’ jika nantinya benar-benar maju. Bagaimana respons PDI Perjuangan (PDIP)?

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul mengatakan pihaknya saat ini sedang fokus mempersiapkan kontestasi pileg dan pilpres 2024. Terutama pileg yang tahapannya akan berlangsung lebih awal.

“Hari-hari ini semua partai akan fokus pada pileg dan pilpres yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Bahkan tahapan untuk pileg sudah di depan mata,” kata Pacul mengawali tanggapannya saat dihubungi, Minggu (22/1/2023).

Pacul menekankan proses pendaftaran caleg di sistem informasi pencalonan (Silon) KPU RI sudah dimulai pada April nanti. Sementara, pilkada serentak baru akan dilaksanakan pada akhir 2024.

“Bulan April 2023, daftar caleg akan masuk Silon KPU RI. Ini sudah menguras energi cukup besar. Sementara pilkada serentak baru akan dilaksanakan November 2024. Masih ada rentang waktu yang cukup, sekitar 7-9 bulan untuk mempersiapkan pilkada serentak,” katanya.

Lebih lanjut, Sekretaris Fraksi PDIP DPR ini menilai dinamika politik akan meningkat menjelang pileg dan pilpres. Dia pun menyinggung situasi geopolitik dunia dan ekonomi global yang kurang bagus.

“Dinamika politik jelang pileg dan pilpres eskalasinya akan naik. Ditambah situasi dunia, perang Ukraina dengan Rusia, dan Taiwan dengan Cina, plus situasi ekonomi kurang bagus,” kata Pacul.

“Bahkan Kepala BIN bilang situasi ekonomi 2023 gelap. Pak Presiden bilang 16 negara sudah menjadi pasien IMF dan 36 negara di ambang pintu,” imbuhnya.

Dengan demikian, Pacul mengatakan pihaknya masih belum banyak merencanakan soal Pilkada 2024. “Jadi kita belum akan bikin perencanaan untuk pilkada,” ujar dia.

Simak pernyataan pakar politik soal Gibran menang Pilgub Jateng 2024 meski ‘tidur saja’ di halaman berikut.

Sumber: https://news.detik.com/pemilu/d-6528684/pakar-nilai-gibran-tidur-aja-bisa-menang-pilgub-jateng-ini-kata-pdip