[Baru] OC Kaligis Jadi Pembeda di Babak Baru Lukas Enembe Vs KPK

Jakarta

Gubernur Papua nonaktif yang berstatus tersangka kasus korupsi, Lukas Enembe, memberi kuasa kepada pengacara Otto Cornelis Kaligis (OC Kaligis) sebagai penasihat hukumnya. Uniknya, OC Kaligis sendiri mantan narapidana kasus suap yang terjerat KPK beberapa tahun lalu, dan baru setahun lalu bebas dari Lapas Sukamiskin.

Catatan detikcom, Jumat (20/1/2023), OC Kaligis mulai menjalani cuti menjelang bebas (CMB) pada Selasa (15/3/2022). OC Kaligis sebelumnya terjerat kasus suap hakim PTUN Medan dan divonis 10 tahun penjara, namun Mahkamah Agung (MA) menyunat hukuman OC Kaligis menjadi 7 tahun penjara.

Kini OC Kaligis akan berurusan lagi dengan KPK, untuk membela sang kepala daerah melawan KPK. OC Kaligis resmi ditunjuk langsung oleh pihak keluarga Lukas.

“Keluarga juga menunjuk OC Kaligis sebagai tim hukum Pak Lukas. Surat kuasa sudah ditandatangani tadi pagi. Surat kuasa ditandatangani oleh istri Gubernur (Lukas),” kata salah satu pengacara Lukas, yakni Stefanus Roy Rening, saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat siang.

Foto: OC Kaligis resmi jadi penasihat hukum Lukas Enembe di kasus dugaan korupsi proyek infrastruktur di Papua. (Yogi Ernes/detikcom)

Alasan OC Kaligis Bela Lukas Enembe

OC Kaligis mengungkapkan alasannya bersedia membela Lukas Enembe. Alasan tersebut disampaikan OC Kaligis dalam konferensi pers di Jalan Majapahit, Jakarta Pusat.

“Itu di UU mengatakan itu kewajiban saya. Anda kan tahu saya pernah bela wartawan beberapa kali. Kalau Anda tanya dasar hukumnya apa, UU mengatakan demikian,” kata OC Kaligis.

OC Kaligis berharap KPK memberikan akses seluas-luasnya bagi istri Lukas Enembe, Yulce Wenda, untuk menjenguk di rumah sakit. OC Kaligis meminta Ketua KPK Firli Bahuri untuk memperhatikan hak asasi manusia yang masih melekat kepada Lukas Enembe meski telah ditetapkan tersangka korupsi.

“Hubungan pasien dengan dokter itu bukan hubungan KPK dengan pasien tapi dengan istrinya. Karena kehadiran istri dampingi suami itu timbulkan semangat. Hubungan pasien dengan dokter dan pasien apa ini bisa dicampuri KPK?” ucap OC Kaligis.

Lantas bagaimana respons KPK usai OC Kaligis gabung di tim pengacara Lukas Enembe? Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6526748/oc-kaligis-jadi-pembeda-di-babak-baru-lukas-enembe-vs-kpk