[Baru] Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe Siap Beli Manchester United, Berapa Kekayaannya?

Meskipun Manchester United belum beralih tangan ke Ratcliffe, tentunya uang yang disiapkan untuk membeli salah satu klub sepak bola termahal di dunia itu bernilai fantastis.

Dream – Pria asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe, tengah menjadi sorotan penggemar sepak bola, sebab dia mengumumkan sedang membeli klub sepak bola Manchester United dari pemiliknya saat ini, keluarga miliarder Glazer.

” (Kami) telah secara resmi mengajukan diri kami ke dalam proses (pembelian MU),” ungkap perusahaan Ineo milik Ratcliffe, dikutip dari BBC, Kamis 19 Januari 2023.

Miliader ini sejatinya memang penggemar The Red Devils. Meskipun Manchester United belum beralih tangan ke Ratcliffe, tentunya uang yang disiapkan untuk membeli salah satu klub sepak bola termahal di dunia itu bernilai fantastis.

Sebelumnya, Ratcliffe juga sempat ingin membeli Chelsea dengan penawaran 4,25 miliar poundsterling atau sekitar Rp78,8 triliun kepada Roman Abramovich, namun rencana itu gagal.

1 dari 2 halaman

Disi lain, pada November 2022, keluarga Glazer memang sudah mengumumkan untuk menjual Manchester United setelah 17 tahun kepemilikan. 

Berbagai media Inggris, menyebut keluarga Glazer diproyeksikan akan menjual Manchester United di angka 9 miliar poundsterling, dan mempertimbangkan tawaran sebesar 5 miliar poundsterling.

Lalu seberapa kaya Sir Jim Ratcliffe hingga berniat membeli Manchester United?

Dikutip dari Liputan6.com, Sir Jim Ratcliffe merupakan pendiri sekaligus pemilik perusahaan pembangkit tenaga kimia Ineos Group.

2 dari 2 halaman

Ineos Group merupakan salah satu pemain terbesar di sektor serpih Inggris yang memproduksi minyak sintetis dan plastik hingga pelarut yang digunakan untuk membuat insulin dan antibiotik.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Ratcliffe saat ini bernilai US$15,5 miliar atau sekitar Rp233,4 triliun (kurs Rp15.600). Dia berada di urutan ke-111 dalam daftar Forbes Real Time Billionaire.

Konglomerat yang berbasis di London itu memulai bisnisnya pada tahun 1992. Saat itu Ratcliffe menggadaikan rumahnya untuk pembelian bisnis bahan kimia BP. 

Enam tahun berjalan (1998), dia membeli pabrik dari perusahaan itu untuk membentuk Ineos. Hingga pada Januari 2021, Ineos mengakuisisi dua bisnis bahan kimia lagi dari BP senilai US$5 miliar atau sekitar Rp75,3 triliun.

 

Sumber: https://www.dream.co.id/dinar/miliarder-inggris-sir-jim-ratcliffe-siap-beli-manchester-united-berapa-kekayaannya-230119e.html