[Baru] Menakar Duet Airlangga-Ridwan Kamil di Pilpres 2024

loading…

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengenakan jaket Partai Golkar kepada Ridwan Kamil di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, (18/1/2023). Foto/MPI/Yulianto

JAKARTA – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil telah resmi bergabung dengan Partai Golkar . Pria yang akrab disapa Kang Emil ini langsung mendapat jabatan, yakni Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar.

Sosok Ridwan Kamil dinilai menambah amunisi partai berlambang pohon beringin itu untuk menghadapi Pemilu 2024. “Kekuatan Golkar di Jabar bakal bertambah dan ini bisa menggerus parpol lain di daerah dengan pertempuran hebat di Pilpres 2024,” ujar Pengamat Politik sekaligus Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie, Jumat (20/1/2023).

Ridwan juga dianggap pantas menjadi tandem atau pasangan bagi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Pilpres 2024. Diketahui, Partai Golkar mengusung Airlangga sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

Baca juga: Ridwan Kamil Siap Dukung Penuh Airlangga Hartarto di Pilpres 2024

Rekam jejak Airlangga sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dianggap berhasil menjaga laju ekonomi Indonesia tetap stabil. Airlangga juga dinilai berhasil menangani Covid-19 sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Kemampuan Airlangga tersebut dinilai semakin lengkap dengan Kang Emil atau RK yang populer di kalangan milenial dan sukses di wilayah Jabar. “Saya pikir RK (Ridwan Kamil) sosok ideal dipasangkan dengan Airlangga, perpaduan yang bakal solid,” pungkas Jerry.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily memastikan partainya tetap akan mengusung Airlangga di Pilpres 2024. “Pasti Golkar dorong Pak Airlangga,” kata Ace, Jumat (20/1/2023).

Baca: Ridwal Kamil Bergabung, Golkar Konsisten Usung Airlangga Capres 2024

Sementara itu, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi mengakui Ridwan Kamil menjadi salah satu tokoh yang dimonitor oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk bisa dicalonkan dalam Pilpres 2024. KIB merupakan koalisi yang dibentuk Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan PPP.

“RK kan memang salah satu tokoh yang dimonitor KIB untuk diusung di pilpres selain tokoh-tokoh lainnya,” kata pria yang akrab disapa Awiek ini, Kamis (19/3/2023).

(rca)

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1001665/12/menakar-duet-airlangga-ridwan-kamil-di-pilpres-2024-1674241296