[Baru] Kumpulan Doa Malam Hari Islam, Agar Tidur Lebih Berkualitas dan Dilindungi Allah SWT

Suara.com – Malam hari menjadi waktu terbaik untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas baik di dalam maupun di luar rumah. Sebelum memejamkan mata, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu kepada Allah SWT. Untuk itu, simak kumpulan doa malam hari Islam pada artikel berikut. 

Anjuran untuk membaca doa bagi seorang muslim semata bertujuan untuk memohon perlindungan dan menambah rasa syukur kepada Allah SWT. Sehingga membaca doa malam hari bisa membuat Anda lebih tenang, aman, terjaga dan tidak gelisah saat beristirahat.   

Hal ini lantaran sering kali, sejumlah orang di malam hari akan terbangun dari tidurnya akibat sesuatu yang mengganggu. Celakannya, terkadang kita tidak bisa tidur kembali padahal aktivitas yang menumpuk telah menunggu kita di esok hari. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum menutup hari. 

Kumpulan Doa Malam Hari Islam 

Baca Juga:
Waktu Sholat Taubat Jam Berapa? Ikuti Panduan Lengkap Tata Caranya

Bagi Anda yang ingin mengamalkannya, berikut kumpulan doa malam hari dikutip dari berbagai sumber: 

1. Doa Sebelum Tidur 

“Allaahumma bismika ahyaa wa bismika amuut.” 

Artinya: “Ya Allah! Dengan Nama-Mu, aku hidup dan dengan nama-Mu pula aku mati.” 

2. Doa Penutup Hari 

Baca Juga:
Sholat Subuh Sampai Jam Berapa? Jangan Lakukan di Waktu Ini!

“Allahummaj’al fi qalbi nuran, wa fi bashari nuran, wa fi sam’i nuran, wa an yasari nuran, wa fauqi nuran, wa tahti nuran, wa amami nuran, wa khalfi nuran, wa addhim li nuran”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dalam hatiku cahaya, dalam penglihatanku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, di sisi kananku cahaya, di sisi kiriku cahaya, di atasku cahaya, di bawahku cahaya, di depanku cahaya, di belakangku cahaya, dan agungkan cahaya untukku.” (HR Muslim) 

3. Doa Ketika Terbangun di Malam Hari 

“Laa ilaaha illa Anta subhaanaka Allaahumma astaghfiruka lidzanbika wa as`aluka rahmataka. Allaahumma zidnii ‘ilman wa laa taza’ qalbii ba’da idz hadaitani wa hab lii min ladunka rahmatan innaka anta al-wahhaab”

Artinya: “Tiada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau ya Allah, aku meminta ampun atas dosa-dosaku, dan aku meminta rahmat-Mu. Ya Allah, tambahkan ilmu bagiku, jangan selewengkan hatiku sesudah Engkau memberinya hidayah, dan anugerahi aku rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Memberi Anugerah.” 

4. Doa Terbangun dari Tidur 

Bismikallahumma wadla’tu jambi, wa bika arfa’uhu, in amsakata nafsi faghfir laha, wa in radad taha fahfadha bima tahfadhu bihi akhadam minas shalihin.” 

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku baringkan tubuhku, dan dengan pertolongan-Mu, aku dapat bangun. Jika Engkau mencabut nyawaku, ampunilah. Namun jika Engkau masih memberikanku nyawa, jagalah sebagaimana Engkau menjaga setiap orang-orang saleh.” 

5. Doa Ketika Merasa Takut Saat Tidur 

“Audzubikalimatiahittamati, min ghadhabihi wa iqabihi, wa syarri ibadihi wa min hamazati as-syayatini wa an yahdhuruni.” 

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan, siksaan dan kejahatan hamba-hamba-Nya, dan dari godaan setan serta jangan sampai mereka (syetan) hadir (ke hadapanku).” 

6. Doa Bangun Tidur 

Alhamdulillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur” 

Artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan. 

Dengan rutin mengamalkan kumpulan doa malam hari Islam tersebut, Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Sehingga tubuh akan merasa bugar ketika bangun di keesokan harinya. Jangan lupa diamalkan ya!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Sumber: https://www.suara.com/news/2023/01/19/222539/kumpulan-doa-malam-hari-islam-agar-tidur-lebih-berkualitas-dan-dilindungi-allah-swt