[Baru] Koarmada RI Lakukan Pergantian Pejabat Panglima Koarmada I dan Pangkoarmada III

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komando Armada (Koarmada) RI menggelar Upacara Serah Terima Jabatan Panglima Koarmada (Pangkoarmada) I dan Pangkoarmada III.

Upacara digelar di Lapangan Upacara Laut Arafuru, Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2023).

Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, dalam upacara tersebut bertugas sebagai Inspektur Upacara.

Selain itu, ia juga memimpin prosesi serah terima jabatan Pangkoarmada I dan Pangkoarmada III.

Pangkoarmada I sebelumnya dijabat oleh Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah. Kemudian diserahterimakan kepada Laksamana Muda TNI Erwin S Aldedharma.

Sedangkan, Pangkoarmada III sebelumnya dijabat Laksamana Muda TNI Irvansyah. Kemudian diserahterimakan kepada Laksamana Muda TNI Agus Hariadi.

Adapun Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah kini menjabat sebagai Perwira Tinggi Staf Ahli Tk. III Bidang Banusia Panglima TNI dan Laksamana Muda TNI Irvansyah kini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Baca juga: Sertijab KSAL, Muhammad Ali Terima Panji Jalesveva Jayamahe dari Yudo Margono

Sementara itu, Pangkoarmada I yang baru, Laksamana Muda TNI Erwin S Aldedharma merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut Tahun 1991 atau angkatan ke-37. Ia sebelumnya, menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI.

Kemudian, Pangkoarmada III yang baru, Laksamana Muda TNI Agus Hariadi merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1992 atau angkatan ke-38. Ia sebelumnya menjabat sebagai Pangilma Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil).

Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto mengatakan, apa yang sudah dikaryakan oleh Pangkoarmada I dan Pangkoarmada III sebelumnya sudah tepat.

“Apa yang sudah diprogramkan, apa yang sudah dirintis, dan apa yang sudah dilaksanakan selama ini dalam merespons dinamika di wilayah kerjanya itu sudah tepat,” kata Heru, dalam konferensi pers, Kamis ini.

Oleh karena itu, menurutnya, hal tersebut perlu dilanjutkan oleh pejabat yang baru.

“Untuk ditindaklanjuti oleh pejabat baru, yaitu pak Erwin maupun pak Agus Hariadi,” tegasnya.

Sumber: https://www.tribunnews.com/nasional/2023/01/26/koarmada-ri-lakukan-pergantian-pejabat-panglima-koarmada-i-dan-pangkoarmada-iii