[Baru] Kebut Infrastruktur dan SDM, Ikhtiar Jokowi Capai Indonesia Emas Diakui Luar Biasa

loading…

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Jembatan Kaligangsa. Foto/BPMI Setpres

JAKARTA – Ikhtiar yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencapai Indonesia Emas 2045 diakui sangat luar biasa. Demi mencapai masa kejayaan Indonesia tersebut, Jokowi terus mengebut pembangunan infrastruktur serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat.

Wakil Rektor II Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Suprapto mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh Jokowi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Menurutnya, kemajuan sebuah bangsa dipengaruhi oleh infrastruktur dan kualitas masyarakatnya.

“Saya percaya dan sangat yakin program Pak Jokowi untuk meningkatkan SDM dan infrastruktur luar biasa, itu pasti akan membuat fondasi untuk menuju Indonesia Emas 2045 Insya Allah akan tercapai,” ujar Suprapto di kampusnya.

Baca juga: Jokowi Ungkap 3 Komponen Penting untuk Cetak SDM Unggul

Sektor infrastruktur menjadi salah satu fokus pemerintahan Jokowi dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas. Berbagai pembangunan telah terealisasi di seluruh daerah. Seperti jalan tol sepanjang 1.900 kilometer, 15 bandara, dan 124 pelabuhan.

Pembangunan SDM masyarakat juga terus dikebut oleh Pemerintahan Jokowi. Melalui berbagai program dan kebijakan yang terus digalakkan, diharapkan akan lahir generasi ke depan sebagai penerus komando kepemimpinan.

Melihat komitmen Jokowi membangun infrastruktur dan meningkatkan SDM masyarakat, Suprapto yakin Indonesia Emas 2045 akan terwujud apabila gagasan yang sudah dibangun Jokowi terus dilanjutkan. Sebab menurutnya, fondasi yang dibangun Jokowi sudah sangat bagus.

Baca: Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Mudahkan Mobilitas Ekonomi di Daerah

“Insya Allah saya melihat fondasinya cukup kuat, memang dasar utama untuk menuju Indonesia Emas 2045 adalah infrastruktur dan SDM unggul,” pungkasnya.

Presiden Jokowi kembali memfokuskan APBN 2023 untuk terus membangun infrastruktur di seluruh Indonesia dan meningkatkan SDM bangsa. Dari total anggaran Rp3.061,2 triliun, alokasi untuk membangun SDM unggul dan produktif mencapai Rp 612,2 triliun. Sementara untuk infrastruktur sebesar Rp392,2 triliun.

(rca)

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1001655/15/kebut-infrastruktur-dan-sdm-ikhtiar-jokowi-capai-indonesia-emas-diakui-luar-biasa-1674237705