[Baru] Jangan Panik Bun, Ini Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Terkena Bapil

Jakarta

Siapa sih Bunda yang nggak panik bila Si Kecil terkena penyakit batuk dan pilek (bapil). Selain badan Si Kecil yang tidak enak, bapil juga membuat Si Kecil sulit tidur dan lemas untuk beraktivitas.

Namun bila Si Kecil terkena bapil Bunda tak perlu panik, karena Bunda bisa lho memberikan pertolongan pertama kepada Si Kecil. Bidan & Pre Postnatal Yoga Expert Jamilatus Sadiyah menjelaskan pertolongan pertama terbaik yang bisa Bunda lakukan adalah menyamankan nafas Si Kecil.

Sebab, bila nafas Si Kecil sudah terasa tak nyaman akan mengganggu nutrisi hingga istirahat Si Kecil. Hal ini membuat Si Kecil susah tidur hingga menolak pemberian ASI. Untuk mengatasinya bisa dilakukan pijatan di badan Si Kecil.

“Caranya gimana? Ya di massage atau penggunaan aromatherapy. Itu biasanya membantu lendir-lendir yang sebenarnya terperangkap di dada untuk keluar, jadi ada beberapa bayi yang perlu dibantu dengan beberapa massage untuk membuat lendirnya keluar,” kata Mila dalam Instagram Live HaiBunda, Jumat (20/1/2023).

Setelah itu, Bunda bisa memberikan cairan yang dinilai penting untuk Si Kecil. Bagi anak di bawah 6 bulan bisa diberikan ASI eksklusif, karena memiliki antibodi dan bakteri baik yang bisa membantu meningkatkan imunitas.

“Untuk yang di atas 1 tahun juga boleh menggunakan misalnya air putih, tetap disarankan ASI ya karena lebih banyak supaya cairannya juga cukup dan menyamankan Si Kecil. Karena cairan ini penting banget ketika dia batuk pilek,” ungkapnya.

Lalu bagaimana dengan penggunaan antibiotik saat Si Kecil terkena bapil? Mila mengatakan Si Kecil tidak selalu membutuhkan antibiotik. Hal ini disebabkan batuk pilek disebabkan oleh virus yang jumlahnya mencapai ratusan.

Pemberian antibiotik untuk batuk pilek juga dinilai tidak nyambung, karena antibiotik diberikan ke penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Sehingga efek yang bisa saja terjadi adalah tubuh Si Kecil akan kebal terhadap obat yang diminum.

“Jadi udah minum obat tertentu kalau memang karena bakteri dan kita butuh antibiotik jadi nggak mempan ke tubuh jadinya nggak ngefek. Karena tubuh udah kebal sehingga resisten dengan obat,” imbuhnya.

Menurut Mila, bila penyakit pada Si Kecil disebabkan oleh virus maka yang bisa dilakukan adalah nyamankan nafasnya dan pemberian ASI yang lebih sering ketika Si Kecil terkena batuk dan pilek.

Untuk mencegah bapil pada Si Kecil, Bunda juga bisa melakukan beberapa langkah. Pertama adalah memastikan kebersihan dan juga bagi Bunda dan orang-orang di rumah untuk menggunakan masker bila sedang terkena penyakit yang diakibatkan oleh virus.

“Kemudian pola hidup sehat itu membantu sekali salah satunya nutrisi. Gizi seimbang buat anak itu penting banget, termasuk yang masuk (memberikan) ASI. Jadi menyarankan pemberian ASI ini minimal 6 bulan, karena imunitas Si Kecil akan jauh lebih baik,” ujarnya.

Setelah pemberian nutrisi, disarankan juga agar Si Kecil memiliki istirahat yang cukup. Namun apabila Si Kecil sulit untuk tidur, Mila menyarankan untuk menggunakan Cessa Natural yang dapat membantu menyamankan Si Kecil.

“Termasuk penggunaan Cessa yang bisa membantu menyamankan silahkan pakai. Terakhir untuk menjaga imunitasnya bisa juga dengan memberikan aromatherapy yang bisa dioleskan,” ucapnya.

Sementara itu, Brand Representatif Cessa Stephanie Hertanto menjelaskan untuk penggunaan Cessa, Bunda bisa oleskan di beberapa bagian tubuh dari Si Kecil, seperti di telapak kaki, dada, leher, perut, dan tulang belakang.

Meski begitu, Bunda meski berhati-hati karena ada produk tiruan dari Cessa. Menurut Stephanie ada beberapa cara yang bisa Bunda lihat untuk membedakan produk asli Cessa dan yang tiruan.

Menurut Stephanie, untuk produk Cessa yang asli di bagian tutupnya terdapat logo Cessa yang sudah diembos, sehingga logonya terlihat timbul. Kemudian di sebelah logo Cessa bagian depan sudah ada logo jamu.

“Ketiga baik Cessa yang untuk kid dan baby, udah ada gambar baby dan anaknya yang khas Cessa banget. Terakhir Bunda bisa ke arah samping botol, dan di situ sudah ada nomor BPOMnya dan ada QR Code, pastikan bisa discan,” tuturnya.

Sebagai informasi, Cessa merupakan brand lokal Natural Baby Essential Oil Roll On pertama di Indonesia. Berdiri sejak 2018, Cessa memiliki visi untuk menjadi brand kesehatan bagi ibu dan anak.

(fas)




Sumber: https://www.haibunda.com/parenting/20230120210214-60-295306/jangan-panik-bun-ini-pertolongan-pertama-saat-si-kecil-terkena-bapil