[Baru] Jalur Pansela Enak Dilalui, Sayang Belum Banyak Pengendara

Jakarta

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menyebut jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa enak untuk dilalui. Namun, sayang masih sedikit masyarakat yang melalui jalur ini.

“Secara umum yang saya sampaikan tadi memang belum banyak ya kendaraan yang melalui jalan (Pansela), sementara jalan itu kondisinya enak tuh dilalui gitu, ya sayang saja kalau memang fasilitas ini tidak kita eksplore,” ujar Firman saat meninjau jalur Pansela di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (21/1/2023).

Meski begitu, Firman tetap mengingatkan masyarakat yang ingin melalui jalan ini agar tetap berhati-hati. Sebab, masih didapati beberapa jalur yang sempit dan berpotensi timbul kecelakaan.

“Secara umum kita sampaikan kalau jalan sempit kecepatan tinggi berarti rawan. Kemudian kalau ada pertemuan penyempitan arus itu juga tinggi (potensi kecelakaan),” kata dia.

Dirinya juga menyarankan masyarakat yang ingin mudik ke arah Timur Pulau Jawa, dapat melalui jalur ini. Hal itu untuk mengurangi kepadatan yang terjadi di jalur mudik lainnya.

“Yang akan menuju wilayah Timur untuk melaksanakan mudik tidak ada salahnya mereka yang akan berangkat lebih dahulu, bisa menikmati jalur pantai Selatan Jawa gitu ya,” kata dia.

Terkait kekurangan yang ada di jalur ini, dirinya telah melakukan sejumlah catatan. Nantinya kekurangan itu akan disampaikan kepada pihak-pihak terkait.

“Tentunya hal yang menarik yang lainnya kita akan sampaikan nanti secara apa secara berkoordinatif baik mungkin nanti dengan pemda, baik dengan teman-teman kementerian,” kata dia.

“Selebihnya kita akan catat, nanti mana yang ada rapat pendahuluan, nanti akan dilanjutkan dengan koordinasi,” tambahnya.

Irjen Firman Shantyabudi bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diketahui melalukan pengecekan jalur Pantai Selatan. Ia ingin memastikan bahwa jalur ini aman dilalui oleh pengendara yang akan mudik pada 2023.

“Kita ingin memastikan bahwa jalan yang nanti akan dilalui itu bisa dipastikan aman, berkeselamatan,” ujar Firman kala melalukan pengecekan jalur Pansela di Kecamatan Malingping, Banten, Kamis (19/1).

(rfs/rfs)

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6528118/kakorlantas-jalur-pansela-enak-dilalui-sayang-belum-banyak-pengendara