[Baru] Jalur Pansela Cilacap-Kebumen Tak Direkomendasikan Dilewati Pemudik karena Ada Penyempitan

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz 

TRIBUNNEWS.COM, KULON PROGO – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak merekomendasikan ruas jalan Pantai Selatan (Pansela) antara Cilacap hingga Kebumen untuk dilewati pemudik ketika Lebaran 2023.

Direktur Lalu Lintas Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Cucu Mulyana mengatakan lebar jalan menjadi pertimbangannya tidak merekomendasikan ruas tersebut.

“Di jalur Pansela antara Cilacap sampai dengan Kebumen itu ada ruas jalan yang memang kita belum atau tidak rekomendasikan untuk mudik,” katanya di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (21/1/2023).

Cucu menyebut pada ruas tersebut, terdapat 15 kilometer jalan yang lebar jalannya hanya 5 meter dan hal itu akan menyulitkan pengguna jalan ketika berpapasan.

“Sepanjang 15 km jalan tersebut, lebar jalannya mungkin sekitar di angka 5 meter ya sehingga apabila ada kendaraan berpapasan, harus ada yang berhenti atau minggir dulu,” ujarnya.

Cucu mengatakan bagi kendaran yang berjalan dari arah Barat dapat menggunakan jalan eksisting ketika sampai di Cilacap.

“Pada saat angkutan dari arah Barat, pada saat mencapai di Cilacap, dia harus menggunakan jalan eksisting. Jalan arteri biasa sampai dengan Kebumen. Dari Kebumen baru bisa masuk Pansela kembali,” kata Cucunya.

Ia berujar sudah mendapat informasi dari Direktorat Bina Marga Kementerian PUPR kalau jalan tersebut sedang dalam alih posisi menjadi jalan nasional.

“Sudah diinformasikan dari temen Bina Marga bahwa jalan tersebut sepanjang 15 KM ya, di daerah Ayah tersebut memang dalam posisi jadi alih status dari jalan kabupaten menjadi jalan nasional,” ujarnya.

Baca juga: Jalur Pansela Masih Minim Penerangan, Kemenhub Sarankan Pemudik Melintas di Siang Hari

Sebelumnya, dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2023 (1444 H), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama instansi terkait melakukan kegiatan pengecekan Jalur Pantai Selatan (Pansela).

Jalur yang dicek adalah wilayah Provinsi Banten – Provinsi Jawa Barat – Provinsi Jawa Tengah – Provinsi D.I. Yogyakarta.

Kemenhub bekerjasama dengan stakeholder lainnya terus mensosialisasikan dan memperbanyak sarana dan prasarana di sepanjang jalur pantai selatan Jawa sebagai jalur alternatif.

Baca juga: Saran Kakorlantas Polri: Mudik Lewat Jalur Pansela Sebaiknya Gunakan Kendaraan Roda Empat

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan kegiatan pengecekan jalur pansela ini juga merupakan sosialiasi kepada masyarakat.

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2023/01/22/jalur-pansela-cilacap-kebumen-tak-direkomendasikan-dilewati-pemudik-karena-ada-penyempitan