[Baru] Ini Alasan Mengapa Makanan Pendamping ASI Krusial Bagi Si Kecil

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada anak adalah fase yang sangat krusial bagi si kecil pada 1.000 hari pertama kehidupannya.

Pemberian MPASI yang tepat akan berperan besar membantu si kecil tumbuh kembang secara optimal.

Dokter spesialis anak, Dr dr Dian Pratamastuti, Sp.A mengatakan, saat fase ini, anak-anak kita juga sedang belajar makan sendiri, mengeksplorasi indera-indera pengecap, penglihatan, dan peraba mereka, serta belajar mengenali tekstur makanan.

“Jadi sangat penting untuk MPASI yang tepat, mengandung gizi seimbang, sesuai pedoman gizi seimbang yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan, sehingga tumbuh kembang anak akan berlangsung dengan baik,” katanya saat talkshow Upaya Bersama Mencegah Stunting secara daring, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: Resep Bubur Beras Merah, Cocok untuk Menu MPASI

Hadir sebagai pembicara Kenji Kusuma, Direktur Crystal of the Sea; Dr. dr. Dian Pratamastuti Sp.A., dokter anak sekaligus pembicara kesehatan; serta Indria R Augustia, seorang konselor laktasi dan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Tapi tidak hanya seimbang, kata Dian orangtua juga perlu lebih kreatif dalam menghadirkan menu makanannya supaya anak tidak bosan dan pada akhirnya pemenuhan gizi yang mereka butuhkan menjadi optimal.

Peran orangtua ini penting sehingga persoalan stunting dan malnutrisi lainnya masih jadi momok bagi masyarakat ikut pula teratasi.

Saat ini angka prevalensi stunting secara nasional pada 2021 mencapai 24,4 persen, menurun sebesar 1,6 persen per tahun dari 27,7 persen tahun 2019 dan angka ini masih jauh untuk mengejar target sebesar 14 persen pada 2024.

Kenji Kusuma, Direktur Crystal of the Sea mengatakan, makanan yang mengandung protein hewani dan Omega-3 (DHA) yang tinggi penting untuk perkembangan dan pemeliharaan otak serta sempurna untuk MPASI dan pencegahan stunting.

“Kami mendukung pemerintah dalam pencapaian target penurunan angka stunting dengan menghadirkan produk serta melalui berbagai kegiatan edukasi tentang pentingnya asupan gizi yang seimbang untuk memerangi stunting,” katanya.

Sumber: https://www.tribunnews.com/kesehatan/2023/01/25/ini-alasan-mengapa-makanan-pendamping-asi-krusial-bagi-si-kecil