[Baru] Garam Tak Terbukti Bisa Usir Ular, Coba 5 Cara Alami Lainnya Termasuk Pakai Asap

Jakarta

Ular termasuk salah satu hewan berbahaya yang mungkin ditemukan di sekitar rumah. Ketika bertemu ular, banyak orang percaya garam dapat mengusir hewan tersebut.

Namun ternyata, anggapan ular takut dengan garam adalah hal yang tidak terbukti kebenarannya. Garam sangat tidak efektif untuk mengusir ular, Bunda.

Garam dapat bersifat mengganggu untuk hewan-hewan berlendir seperti lintah, siput, hingga keong. Hal ini karena garam bertindak sebagai ‘kryptonite’ yang dapat membuat hewan-hewan berlendir mengalami dehidrasi pada bagian tubuhnya.

Garam bekerja dengan mengeluarkan air dari kulit mereka sehingga memberikan efek osmosis, yang membuat hewan-hewan berlendir akan mati dalam beberapa menit karena dehidrasi.

Namun garam tidak akan memberikan efek apa pun pada ular, Bunda. Lantas, bagaimana cara mengusir ular secara alami?

1. Buat pagar tinggi

Melansir dari Utah State University, Bunda dapat membuat sangkar atau pagar yang tinggi dan kokoh sehingga tidak bisa dimasuki ular. Cara ini dapat mencegah ular masuk ke pekarangan rumah dan menyerang hewan piaraan.

2. Jaga kebersihan halaman rumah

Apabila halaman rumah memiliki rumput, pastikan untuk rajin memotongnya agar tidak terlalu tinggi dan menjadi sarang ular. Jangan buang sampah makanan di sekitar rumah karena bisa memancing datangnya ular.

3. Gunakan asap

Apabila ular terlanjur masuk ke lingkungan rumah, ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari Smith’s Pet.

Ular sangat peka terhadap bau, termasuk asap. Menggali lubang api dan membiarkannya berasap selama beberapa hari dapat mengusir ular di sekitar lingkungan rumah.

4. Gunakan bau yang menyengat

Beberapa benda dengan bau menyengat seperti cuka, cengkeh, kayu manis, dan bubuk belerang dapat membantu mengusir ular.

5. Hewan pengusir ular

Meski ular termasuk ke dalam hewan buas, mereka juga dapat dimangsa atau diserang oleh hewan lain seperti kucing atau rakun.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang 7 tanaman pengusir tikus dan ular:

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/som)




Sumber: https://www.haibunda.com/moms-life/20230126102446-76-295657/garam-tak-terbukti-bisa-usir-ular-coba-5-cara-alami-lainnya-termasuk-pakai-asap