[Baru] Fakta Menarik Brandon Scheunemann, Bek Muda PSIS Semarang yang Tampil Gemilang di Laga Debutnya di BRI Liga 1

Suara.com – Pemain muda PSIS Semarang Brandon Scheunemann mencuri perhatian usai kemenangan Laskar Mahesa Jenar atas Arema FC di BRI Liga 1 2022-2023.

Pasalnya, Brandon Scheunemann sukses melakukan debut yang luar biasa ketika PSIS Semarang menggulung Arema FC dengan skor 1-0 di Stadion Jatidiri, Sabtu (21/1/2023).

Adapun gol semata wayang PSIS di laga ini dicetak oleh Riyan Ardiansyah di menit ke-81 lewat sontekan kaki kanan keras dari dalam kotak penalti.

Pemain PSIS Semarang Riyan Ardiansyah bersujud usai mencetak gol saat PSIS menjamu Arema FC di Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu. (ANTARA/ I.C.Senjaya)

Meski menjadi pahlawan kemenangan, pamor Riyan Ardiansyah tertutupi dengan kehadiran Brandon Scheunemann yang melakoni debutnya di laga ini.

Baca Juga:
11 Kali Tak Terkalahkan, Pemain Persib Bandung Victor Igbonefo: ‘Tantangan Baru’

Pemain berusia 17 tahun itu melakoni debutnya di kancah profesional kala ditunjuk sebagai starter saat PSIS menghadapi Arema FC.

Ia tampil penuh di laga ini dan mampu menunjukkan penampilan impresif yang membuat PSIS berhasil meraih tiga poin penuh di pekan ke-19 Liga 1 2022/2023.

Dilatih Sang Ayah

Brandon Scheunemann merupakan anak kandung dari pelatih kenamaan yang malang melintang di Tanah Air, yakni Timo Scheunemann.

Sebagai anak mantan pesepak bola dan juga anak seorang pelatih, Brandon sejak dini telah digembleng untuk menjadi pesepak bola handal di masa depan.

Baca Juga:
Marc Klok & Febri Hariyadi Sudah Berlatih Bersama Persib Bandung, Rafi Ghani: ‘Sudah Bergabung, David da Silva Ada Masalah Di Paha Kanan’

Dalam kanal YouTube milik Timo Scheunemann, Brandon beberapa kali mendapat bimbingan langsung secara intensif dari ayahnya tersebut.

Berasal dari Keluarga Pesepak Bola

Selain ayahnya yang berstatus sebagai pesepak bola dan pelatih, Brandon memang lahir di keluarga yang cukup dekat dengan si kulit bundar.

Sebab, pamannya, yakni Kevin Scheunemann, juga menekuni karier di bidang yang sama. Untuk saat ini, Kevin bermain bersama klub Liga 2, Nusantara United.

Sebelumnya, Kevin pernah bermain bersama sejumlah klub Liga 2, mulai dari Sulut United hingga Persewar Waropen.

Jebolan EPA PSIS Semarang dan Persis Solo

Berkat didikan sang ayah, Brandon pun kemudian mampu menjadi bagian tim muda PSIS di 2021-2022 dan juga tim muda Persis Solo pada 2022-2023.

Meskipun usianya baru menginjak 17 tahun, tetapi Brandon Scheunemann sudah bermain untuk tim Elite Pro Academy (EPA) Persis Solo di kelompok usia di bawah 20 tahun.

Setelah menimba ilmu di Persis Solo, Brandon kemudian direkrut oleh PSIS dan dimasukkan ke tim utama yang berujung debut resmi di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Kemampuan Bermain Multi-Posisi

Meskipun bermain sebagai bek tengah pada pertandingan debutnya bersama Mahesa Jenar, Brandon sebetulnya mampu bermain di sejumlah posisi yang berbeda.

Jika merujuk pada laman Transfermarkt.com, Brandon juga bisa ditempatkan sebagai gelandang tengah, selain tentunya bermain sebagai stopper.

Dengan usianya yang masih relatif muda, kemampuan bermain di sejumlah posisi ini bakal bermanfaat besar bagi Brandon untuk berkembang lebih jauh lagi.

[Penulis: Muh Faiz Alfarizie]

Sumber: https://www.suara.com/bola/2023/01/24/061500/fakta-menarik-brandon-scheunemann-bek-muda-psis-semarang-yang-tampil-gemilang-di-laga-debutnya-di-bri-liga-1