[Baru] Erick Thohir Berpotensi Diusung PAN, Ini Kata Pengamat Politik

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno angkat bicara soal potensi Erick Thohir bakal diusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Adi Prayitmo mengatakan, merupakan hal yang rasional jika Menteri BUMN itu diusung PAN, baik menjadi calon presiden (capres) ataupun calon wakil presiden (cawapres).

Lanjut Adi, hal tersebut dikarenakan belum ada partai politik lain yang memiliki kedekatan dengan Erick Thohir, selain PAN.

“Belakangan ini kita melihat PAN itu cukup lekat. Bahkan dalam beberapa kesempatan selalu bersama dengan Erick Thohir,” kata Adi, saat dihubungi, Minggu (22/1/2023).

Selain itu, Adi Prayitno mengatakan, rasionalitas potensi PAN mengusung Erick Thohir juga dapat dilihat melalui Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Baca juga: Calon Ketua Umum PSSI Bicara Soal Timnas Indonesia, Erick Thohir: Shin Tae-yong Pelatih Bagus, Tapi

“Karena sejauh ini KIB belum menentukan siapa Capres dan Cawapres yang akan diusung oleh mereka,” sebutnya.

“Bahwa Golkar memiliki Airlangga Hartarto itu iya. Tapi kan PPP dan PAN belum memunculkan nama yang akan mereka sepakati dalam meja perundingan (KIB) nantinya,” sambung pengamat politik itu.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pakar PAN Drajad Wibowo menilai Menteri BUMN Erick Thohir berpeluang untuk diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) di 2024.

Baca juga: PAN: Peluang Erick Thohir Sangat Besar untuk Diusung sebagai Cawapres

“Peluang Erick Thohir sangat besar untuk diusung sebagai cawapres,” kata Drajad kepada Tribunnews.com, Sabtu (21/1/2023).

Menurut Drajad, Erick Thohir mempunyai banyak poin positif untuk diusung sebagai cawapres.

“Dia dikenal sebagai tokoh yang “get things done”. Banyak urusan sebagai pebisnis maupun tugasnya sebagai pembantu Presiden Joko Widodo yang berhasil dijalankan dengan baik,”ujarnya.

Ia pun mencontohkan ketika Erick Thohir sukses menyelenggarakan Asian Games 2018. Kala itu, ia menjadi ketua panitia pelaksana atau INASGOC Asian Games.

Baca juga: Pengamat Beberkan Faktor yang Membuat Poling Cawapres Erick Thohir Jauh di Atas Ridwan Kamil

Selain itu, Drajad menyebut jika kandidat Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu juga menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf pada Pilpres 2019.

Sumber: https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2023/01/22/erick-thohir-berpotensi-diusung-pan-ini-kata-pengamat-politik