[Baru] Diamuk Warga Usai Curi Motor, Begal di Depok Bawa Senpi Beramunisi

Depok

Seorang pria kabur usai dipergoki mencuri sepeda motor di kawasan Depok, Jawa Barat (Jabar). Pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) lalu ditangkap dan sempat diamuk warga sekitar yang emosi.

“Pelaku begal melaksanakan aksinya di Lenteng Agung kemudian dipergoki oleh warga sehingga melarikan diri menuju RTM, Cimanggis, Kota Depok,” demikian keterangan Korps Brimob melalui akun Instagram @humaskorpsbrimob, Selasa (24/1/2023).

Peristiwa itu terjadi pada Senin (23/1) pukul 18.00 WIB. Anggota Korbrimob Batalyon C Resimen III Pas Pelopor, Bharatu Alfiansyah, yang kebetulan ada di sekitar lokasi langsung mengamankan pelaku curanmor tersebut.

“Di saat memasuki gang di RTM pelaku yang sudah terkepung warga di gang buntu, melihat kejadian tersebut dengan sigap Bharatu Alfiannyah melakukan pengamanan terhadap pelaku dan membawa pelaku ke Mako Brimob Kelapa Dua,” katanya.

Dari tangan pelaku, diamankan senjata api (senpi) rakitan jenis revolver, kunci letter T dan amunisi 5,56 mm sebanyak 5 butir. Pelaku sengaja membawa senpi tersebut dalam menjalankan aksi kriminalnya.

Senjata api rakitan jenis revolver dan sejumlah amunisi disita dari tangan pelaku (Instagram @humaskorpsbrimob)

“Keterangan pelaku senpi tersebut untuk menakut-menakuti target atau korban,” ujarnya.

Selanjutnya pelaku begal diamankan di pos Provos Brimob 01 Gerbang Utama dan diserahkan ke Polrestro Depok.

Kesaksian Warga

Seorang warga, Fadli (30), menceritakan saat ia melihat aksi kejar-kejaran tersebut. Ia menuturkan peristiwa itu terjadi pada Senin (23/1) sore.

“Kemarin kan saya lagi di depan nih, terus ada yang lewat. Itu kayaknya korban, dia teriak ‘maling’, kejar-kejaran mereka,” kata Fadli kepada wartawan saat ditemui detikcom di lokasi.

Fadli mengatakan pelaku sempat masuk gang, tapi tak lama keluar lagi. Ketika itu, lanjutnya, pelaku langsung ditangkap warga dan sempat diamuk massa kemudian dibawa ke Masjid Jami’ Al-Ma’mur yang berada dekat dengan lokasi.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6532467/diamuk-warga-usai-curi-motor-begal-di-depok-bawa-senpi-beramunisi