[Baru] Curhat Sopir Odong-odong Berseragam Pilot Diejek Malah Jadi Motivasi

Jakarta

Sopir odong-odong berseragam pilot, Muhammad Amdari (33) atau Ari Jambul mengaku sempat mendapat cibiran saat pertama bekerja mengenakan seragam pilot. Cibiran itu akhirnya malah dijadikannya sebagai motivasi.

“Ada cibiran ‘sopir odong-odong aja belagu amat setelannya kayak pilot, menghayal lu ya, sehat lu ya’, ejekan-ejekan kayak gitu jadi motivasi saya,” kata Ari Jambul saat ditemui di kediamannya, Ciputat, Tangerang Selatan, Sabtu (21/1/2023).

Ari mengatakan dirinya menggunakan cibiran itu sebagai motivasi yang tak menurunkan semangatnya. Ari pun berusaha menguatkan mental untuk terus mengenakan seragam pilot saat bekerja.

“Lagi-lagi mental yang saya harus kuatin dan harus saya yakinin, kuat nggak nih ngebawanya,” ujarnya.

Ari bersyukur respons dari masyarakat kini lebih banyak yang menerima kehadirannya sebagai sopir odong-odong berseragam pilot. Dia menyebut para penumpang dan tetangganya kini kerap memanggilnya ‘Kapten Ari Jambul’.

“Alhamdulillah respon positif dari penumpang dan sampai sekarang alhamdulilah terkenal dengan nama Ari Jambul atau Kapten Ari Jambul,” ujar Ari Jambul.

“Alhamdulillah mereka yang dulu nyibir saya yang nge-bully saya segala macam sekarang ya pelan-pelan udah terbukti juga, omongan mereka itu jadi pacuan buat saya,” imbuhnya.

Ari mengaku sudah menjadi sopir odong-odong selama 9 tahun. Dia menuturkan mobil odong-odongnya merupakan angkot tua yang dimodifikasi.

“Mobil dari awal saya mulai itu bekas angkot, bikin ala kadarnya, dihilangin kaca samping kanan kiri, seiring berkembangnya jaman lambat laun ganti jadi model Thomas, Model Tayo, udah 4 atau 5 model yang saya ganti,” ucapnya.

Sebelumnya, pengemudi odong-odong bernama Muhammad Amdari (33) di Ciputat, Tangerang Selatan, viral di media sosial. Amdari yang akrab disapa Ari Jambul itu viral lantaran gaya nyentriknya mengenakan seragam pilot.

Ari mengatakan ide mengemudikan odong-odong dengan berseragam pilot itu muncul lantaran dirinya bercita-cita ingin menjadi seorang pilot. Impian itu merupakan cita-cita Ari di masa kecil.

“Jadi cita-cita saya dulu awal di kala TK di kala SD, pas lagi jalan di tempat restaurant gitu di mall, buka pintu lihat pilot gagah, ‘Nyak, Be, aku mau jadi pilot ya’. Nah ternyata nasib berkata lain, akhirnya tak kunjung di udara, jadi pilot di darat, jadi pilot odong-odong,” kata Ari Jambul saat ditemui di kediamannya, Ciputat, Tangerang Selatan, Sabtu (21/1).

Ari mengatakan dirinya mencari ide atribut sopir odong-odong yang belum pernah dilakukan untuk menarik minat masyarakat. Ide itu pun jatuh pada seragam pilot.

“Awal mula untuk menarik peminat penumpang ya jadi saya berpikiran apa ya yang belum ada, mungkin ciri khasnya, mungkin yang koboi, ciri khas dari Betawi itu udah ada, dari daerah Sunda juga udah ada, pakai ikat kepala, cuma yang saya pikir yamg belum ada itu kayaknya atribut pilot,” ujarnya.

(azh/azh)

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6527786/curhat-sopir-odong-odong-berseragam-pilot-diejek-malah-jadi-motivasi