[Baru] Cerita Puspa Sari Alami Penuaan Dini Sejak Usia 10 Thn, Sempat Berobat & Bekerja di Malaysia

Jakarta

Kehidupan Puspa Sari saat ini memang tengah disorot publik, Bunda. Wanita kelahiran Sigantang, Sumatera Barat, 20 Juli 1994 ini menjalani hidup sambil berjuang menghadapi sindrom langka sejak berusia 10 tahun.

Sindrom ini dikenal sebagai progeria atau Hutchinson-Gilford. Ini merupakan kelainan genetik progesif yang sangat langka dan menyebabkan anak menua dengan cepat.

Puspa mengungkapkan bahwa pada awalnya, kondisi tersebut muncul selayaknya biduran di kulit. Berbeda dari biduran pada umumnya, ia justru tak merasakan gatal yang berarti.

Keluarga hingga orang yang dipercayai dapat mengobati penyakit di tempat tinggalnya dahulu, juga mengira Puspa hanya mengalami biduran yang disebabkan udara dingin semata. Terlebih, kampung tempat tinggal Puspa dahulu memang dikenal sebagai wilayah dengan suhu yang rendah.

Saat itu, Puspa hanya diberi ramuan semacam herbal untuk menghangatkan tubuh. Namun karena yang dialaminya bukan karena disebabkan kedinginan maka kondisi kulitnya terus tak menunjukkan perubahan berarti.

Lama-lama, Puspa melihat tanda lainnya dari telinga yang berubah. Saat masih di bangku sekolah dasar, cuping telinganya melembek selayaknya nenek-nenek dan menyebar ke kulit wajah lain.

Kondisi tersebut tentu berat bagi Puspa yang masih begitu belia. Selama di sekolah, ia pernah mendapatkan perlakuan tak menyenangkan dari teman-teman karena penampilannya yang tak lagi sama.

Puspa pernah dibawa orang tuanya untuk berobat ke rumah sakit di Sumatra Utara. Dalam pemeriksaan tersebut, dokter menyarankannya untuk mencoba perawatan di luar negeri.

Bertolak ke Malaysia

Puspa kemudian memutuskan untuk ke Malaysia seusai menyelesaikan bangku SMA. Di sana, ia mencoba untuk mencari pengobatan untuk kondisi yang dialami.

Akan tetapi, sindrom penuaan dini ini belum ada obat yang bisa menyembuhkannya. Dokter hanya sebatas menyarankan bedah plastik untuk memperbaiki tekstur kulit wajah atau konsumsi kolagen demi merawat kulitnya tetap dalam kondisi terbaik.

Kondisi yang Puspa alami ini memang benar-benar membuat wajahnya seperti orang tua. Penyakit ini hanya menyerang kulit bagian wajah, yang lama-lama mulai ke daerah lain seperti tangan.

“Cuma wajah, sedikit-sedikit di kulit tangan. Yang lain-lain enggak, organ dalam baik, stamina baik, enggak seperti orang tua. Kondisiku, cuma menyerang kulit saja,” ujarnya kepada HaiBunda melalui sambungan telepon, baru-baru ini.

Sayangnya, melanjutkan perawatan hingga lakukan tindakan bedah yang disarankan bukan menjadi pilihan yang tepat bagi Puspa, Bunda. Katanya, situasi perekonomian keluarga tak bisa mendukung upaya tersebut.

Bekerja di dapur

Kemudian, Puspa pun mencoba cari peruntungan di sana. Memiliki seseorang yang telah dikenal keluarga, ia kemudian melamar ke satu tempat kerja dan bekerja di dapur sebagai juru memasak.

“Melamar di tempat kerja itu, kayak dapur. Lamarnya juga enggak kayak di Indonesia, di sana kayak ada tulisan ‘dicari pekerja’ terus aku tanya dan bisa ikut bantu,” ujarnya.

Puspa mengatakan bahwa atasannya di tempat kerja menerima kondisi sindrom langka yang dialaminya dengan baik. Sejak awal, ia langsung membeberkan soal sindrom yang diidap dan itu tak membuat kendala berarti selama ia bekerja.

“Aku langsung blak-blakan cerita kondisi yang sebenarnya, ‘Saya enggak lebih tua dari ibu, ini cuma karena saya sakit’, ‘oh, gitu…’. Sudah seperti itu.”

“Di sana baik-baik, bahkan aku yang dipercaya pegang kunci. Sampai sekarang masih telepon (bos), diminta balik lagi saja (ke Malaysia),” tuturnya.

Tak sebentar, Puspa menetap di Negeri Jiran selama kurang lebih tujuh tahun lamanya, Bunda. Sampai pada akhirnya, sang ibunda meminta Puspa kembali pada Oktober 2021 lalu

“Ibu minta pulang saja, rindu,” tutur putri keempat dari enam bersaudara tersebut.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

simak juga soal PCOS yang sering disebut penghambat hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]


Sumber: https://www.haibunda.com/moms-life/20230119170538-76-295130/cerita-puspa-sari-alami-penuaan-dini-sejak-usia-10-thn-sempat-berobat-bekerja-di-malaysia