[Baru] Cerita Keluarga Nyaris Dibunuh Serial Killer Wowon Dkk hingga Kabur Jadi TKW

Jakarta

Sebanyak sembilan orang dilaporkan menjadi korban pembunuhan berantai (serial killer) oleh Wowon dkk. Polisi menyebut, ada salah satu keluarga yang juga hampir menjadi korban pembunuhan Wowon.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi, mengatakan salah seorang keluarga bercerita kepada penyidik hampir dibunuh Wowon. Namun karena takut, dia akhirnya memutuskan untuk kabur menjadi TKW ke Arab Saudi.

“Kami mendapat kesaksian dari salah satu keluarga dekat tersangka ini menyatakan, saya juga dulu hampir dibunuh pak, tapi saya melarikan diri dan sekarang menjadi TKW di luar negeri Saudi Arabia,” kata Hengki di Polda Metro Jaya, Kamis (19/1/2023).

Diduga korban tersebut diancam karena mengetahui bahwa Wowon dan dua tersangka lain Solihin alias Duloh, dan M Dede Solehuddin merupakan pembunuh berantai. Berdasarkan penyelidikan, dari total sembilan korban sebagian besar merupakan keluarga tersangka yang mengetahui aksinya.

“Yang jadi catatan semua, bahwa korban sebagian besar berasal dari family tree dari para tersangka istri nya, mertuanya, anaknya,” jelasnya.

Misi Wowon ‘Perjuangan Pembunuhan Demi Uang’

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan tiga tersangka dalam kasus sekeluarga diracuni di Bekasi, Jawa Barat (Jabar), melakukan misi yang disebut ‘perjalanan perjuangan pembunuhan’. Misi yang dijalani ketiga tersangka, tegas Fadil, demi uang.

“Perjalanan perjuangan pembunuhan dalam konteks para pelaku sebenarnya ending-nya adalah bagaimana mengambil uang dari korban yang terkena tipu daya,” kata Fadil dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2023).

Fadil memaparkan, ‘perjalanan perjuangan pembunuhan’ yang dilakukan tiga tersangka adalah menipu, mengiming-imingi korban kesuksesan hidup, membunuh korban setelah mendapatkan uang.

“Jadi perjalanan perjuangan pembunuhan itu diawali dengan penipuan, janji dan motivasi untuk mencapai kesuksesan hidup. Setelah para korban menyerahkan harta benda, lalu kemudian para korban dihilangkan,” ucap mantan Kapolda Jatim ini.

Tak hanya membunuh korban yang uangnya telah diambil, ketiga pelaku juga membunuh orang-orang terdekat yang mengetahui kegiatan ‘perjalanan perjuangan pembunuhan’-nya. Fadil lalu menyebut kasus ini adalah pembunuhan berantai, yang mirip dengan kasus Ryan Jombang.

“Termasuk saksi-saksi yang mengetahui (dibunuh). Jadi itu yang dia sebut ‘perjuangan’. Kalau kita ingat kasus terpidana Ryan Jombang, ini kurang lebih sama modus operandi intimated related,” pungkas Fadil.

(wnv/dek)

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6524977/cerita-keluarga-nyaris-dibunuh-serial-killer-wowon-dkk-hingga-kabur-jadi-tkw