[Baru] Cerita Bunda Melahirkan di Stasiun Tanah Abang, Alami Kontraksi di Gerbong KRL

Jakarta

Seorang penumpang kereta rel listrik (KRL) atau commuterline melahirkan di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, pada Senin (23/1/23). Penumpang bernama Siti Fatimah ini melahirkan seorang bayi laki-laki dengan selamat, Bunda.

Kisah proses persalinan ini pertama kali diceritakan oleh pengguna akun Twitter @zoelfick pada Senin (23/1/23) pagi. Dalam unggahannya, akun ini membagikan foto bayi yang baru lahir di Stasiun Tanah Abang.

“Di tengah riuhnya stasiun, pecah tangis bayi ini. Hari ini, ia lahir di Stasiun Tanah Abang,” tulisnya.

Diceritakan bahwa Siti Fatimah sedang bepergian dari Stasiun Tiga Raksa. Namun di perjalanan, ia mengalami mulai merasakan tanda-tanda akan melahirkan.

Nah, karena tak memungkinkan untuk dibawa ke rumah sakit, petugas pun membawa Siti ke Pos Kesehatan (Poskes) stasiun. Siti pun melahirkan bayi laki-lakinya di Stasiun Tanah Abang dengan bantuan dari petugas Poskes.

“Ibunya yang sedang bepergian dari St. Tigaraksa, tak memungkinkan lagi ke RS. Petugas atas nama Dasuki (PKD St. Tanah Abang) dan Rusli (Walka) sigap membawa ibu hamil ini ke poskes stasiun,” ujar @zoelfick.

“Awalnya mau dirujuk ke RS Budi Kemuliaan, tapi kondisinya sdh tak memungkinkan. Alhasil, dua petugas poskes: Ade Firmansyah dan Mutiara Ramadhani, turun tangan utk membantu persalinan penumpang KRL ini. Berhasil, dan sang bayi lahir dengan selamat.”

Sempat alami kontraksi di gerbong KRL

Sebelum melahirkan di Stasiun Tanah Abang, Siti Fatimah sempat merasakan sakit dan mengalami kontraksi di perutnya. VP Corporate Secretary KAI Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba, mengatakan bahwa kontraksi mulai dirasakan Siti saat KRL masuk di Stasiun Palmerah.

“Petugas pengawal commuterline No.2033 dengan sigap membantu dan segera berkoordinasi dengan petugas kesehatan dan pengamanan Stasiun Tanah Abang yang sedang berdinas di peron 5-6, bahwa terdapat pengguna hamil yang akan segera melahirkan di kereta ke-4 dari belakang,” kata Anne, dilansir detikcom.

Sesampai di Stasiun Tanah Abang, petugas yang didampingi suami Siti langsung membawanya ke ruang Poskes menggunakan tandu untuk diberi pertolongan pertama. Siti pun melahirkan seorang anak laki-laki dengan selamat di stasiun dengan bantuan petugas.

Menurut Anne, Siti dan bayinya telah dirujuk ke RSUD Tarakan untuk perawatan lebih lanjut. Keduanya bisa dirujuk karena kondisi cukup stabil.

Kisah Bunda yang melahirkan saat tengah berada di perjalanan, bukan kali ini saja terjadi. Pada April 2022, seorang Bunda bernama Elis Juliawati melahirkan bayi perempuan saat berada di dalam bus jurusan Tanjung Priok (Jakarta)-Leuwiliang (Bogor).

Proses kelahiran anak sebenarnya bisa diprediksi melalui Hari Perkiraan Lahir (HPL). Jadi bila sudah mendekati HPL, Bunda hamil besar yang sedang dalam perjalanan sebaiknya mulai mengantisipasi.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, lebih baik kontrol dulu ke dokter untuk memastikan kondisi. Selain itu, ibu hamil atau bumil juga perlu memahami tanda persalinan sudah dekat. Apa saja tanda-tandanya?

Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 3 alasan penting Bunda hamil perlu didampingi suami saat melahirkan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]


Kehamilan Trimester 3
Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu.
Cek Yuk arrow-right

Sumber: https://www.haibunda.com/kehamilan/20230125124046-49-295593/cerita-bunda-melahirkan-di-stasiun-tanah-abang-alami-kontraksi-di-gerbong-krl