[Baru] Bunda Sulit Menahan Pipis setelah Melahirkan? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jakarta

Kesulitan menahan pipis pasca persalinan seperti inkontinensia urine sangat umum terjadi, ya Bunda. Namun tak perlu khawatir karena ada cara mengatasinya yang dapat membantu untuk mengontrol dan mengurangi pipis yang berlebih.

Tetapi sebelumnya, mari kita mengenal apa itu inkontinensia urine postpartum yang dikutip dari What to Expect.

Inkontinensia urine postpartum adalah kebocoran urine yang tidak disengaja yang dapat terjadi setelah kehamilan dan persalinan. Pada kondisi ini, Bunda mungkin mengalami kehilangan kontrol kandung kemih saat tertawa, bersin, batuk, atau melakukan aktivitas berat, dan sangat umum terjadi setelah melahirkan. Faktanya, diperkirakan sekitar setengah dari Bunda mungkin mengalami inkontinensia urine pasca persalinan.

Penyebab sulit menahan pipis setelah melahirkan

Beberapa Bunda mengalami kebocoran urine karena adanya sensasi harus terburu-buru pergi ke toilet untuk pipis. Penyebab pipis yang berlebihan ini umumnya terjadi karena otot-otot yang melemah selama kehamilan dan melahirkan di sekitar kandung kemih dan panggul sehingga memungkinkan Bunda lebih sulit mengendalikan buang air kecil setelah melahirkan.

Penyebab lainnya adalah setelah melahirkan rahim akan menyusut dalam beberapa minggu, dan berada kandung kemih, sehingga jika ditekan akan menjadi lebih sulit untuk menahan pipis. Selain itu, perubahan hormonal selama dan setelah kehamilan juga menjadi penyebab rusaknya kandung kemih.

Butuh beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan agar inkontinensia urine setelah kehamilan hilang sehingga Bunda bisa mendapatkan kembali kontrol kandung kemih sepenuhnya, meskipun ada beberapa cara yang dapat diambil untuk mendapatkannya kembali lebih cepat. Namun, beberapa dari Bunda mungkin mengalami inkontinensia urine lebih lama.

Berikut tips untuk membantu menahan pipis setelah melahirkan:

1. Lakukan senam kegel

Senam kegel adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat dasar panggul selama kehamilan dan pasca persalinan. Cobalah untuk melakukan hingga tiga set 10 latihan kegel sehari, tahan setiap tekanan selama 10 detik sambil berdiri.

2. Melatih kandung kemih

Latih kandung kemih dengan cara menahan pipis dan buang air kecil setiap 30 menit, atau usahakan untuk memperpanjang waktu saat perjalanan ke kamar mandi. Bunda dapat lakukan ini setiap hari. Seiring berjalannya waktu, latihan kandung kemih ini dapat membantu Bunda akan buang air kecil yang dianggap lebih normal, setiap tiga hingga empat jam di siang hari dan empat hingga delapan jam di malam hari.

3. Perbanyak asupan serat

Memperbanyak asupan serat dapat membantu Bunda menghindari sembelit setelah kehamilan jadi perut yang penuh tidak menambah tekanan pada kandung kemih.

4. Minum yang cukup

Walaupun Bunda sulit menahan pipis, solusinya bukan mengurangi air untuk mengontrol buang air kecil, karena itu bisa membuat Bunda rentan terhadap dehidrasi dan infeksi saluran kemih. Bunda perlu tetap minum setidaknya delapan gelas cairan setiap hari. Namun, mungkin Bunda perlu membatasi asupan cairan sekitar waktu tidur jika mengalami inkontinensia di malam hari.

Untuk tips selanjutnya, Bunda bisa klik halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 manfaat kenari untuk Bunda pasca persalinan:

[Gambas:Video Haibunda]


Kehamilan Trimester 3
Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu.
Cek Yuk arrow-right

Sumber: https://www.haibunda.com/kehamilan/20230118135935-49-294998/bunda-sulit-menahan-pipis-setelah-melahirkan-simak-penyebab-dan-cara-mengatasinya