[Baru] Bayi 5 Bulan Belum Bisa Tengkurap, Simak Penyebab & Perkembangan Ideal

Jakarta

Bayi akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya, Bunda. Salah satu bagian dari tumbuh dan kembang bayi adalah ketika mereka memasuki masa tengkurap.

Selama beberapa bulan pertama, anak lebih banyak tidur dengan cara telentang. Namun, penting bagi mereka untuk belajar tengkurap yang bisa distimulus dengan tummy time.

Melansir dari laman Pathway, bayi sudah bisa diajarkan tengkurap sejak lahir begitu mereka pulang dari rumah sakit. Bayi baru lahir bisa diajarkan posisi tengkurap dengan meletakkannya di dada atau pangkuan Bunda selama beberapa menit.

Sambil berbaring tengkurap, Bunda bisa melatih mengangkat kepala dan memperkuat otot leher dan bahu. Saat bayi terbiasa, waktu tengkurap bisa ditambah menjadi sedikit lebih lama.

Mengapa bayi usia 5 bulan belum tengkurap?

Tengkurap bisa membantu bayi membangun kekuatan tubuh bagian atas yang mereka perlukan untuk mencapai pencapaian besar yang terjadi dalam setahun pertama kehidupannya. Meskipun terkadang bayi menyukai tengkurap, beberapa bayi justru membencinya.

Salah satu alasan mengapa bayi belum bisa tengkurap hingga usia 5 bulan adalah karena mereka tidak menyukai posisi ini. Menurut dokter anak, Denise Scott, MD, posisi tidur yang dilakukan oleh bayi selama beberapa bulan pertama adalah telentang, sehingga bayi menolak posisi tengkurap.

“Posisi tidur yang disarankan adalah telentang dan mereka terutama telentang dalam beberapa bulan pertama, jadi mereka sering memprotes posisi tengkurap,” katanya dikutip laman Kids Health.

Bayi juga mungkin belum bisa tengkurap karena mereka belum bisa mendorong diri cukup tinggi untuk menoleh dan melihat sekeliling. Meski begitu, Bunda tetap bisa terus melatihnya.

Hindari melatih tengkurap pada bayi setelah mereka makan, ya. Hal ini akan membuat bayi merasa tidak nyaman.

Perkembangan ideal tengkurap bayi

Pathway menjelaskan, ada beberapa perkembangan ideal bayi yang tengkurap sesuai usianya, Bunda. Berikut ini penjelasannya:

1. Usia 2 minggu

Mengajari bayi tengkurap di usia baru lahir atau sekitar 2 minggu, baiknya dilakukan pada dada Bunda atau Ayah secara langsung. Hal ini memungkinkan Bunda dan Si Kecil bertatapan langsung dengan bayi sehingga ia mendapatkan banyak dekapan.

2. Bayi usia 1 bulan

Bayi yang diajarkan tengkurap di usia 1 bulan biasanya akan memutar kepala selama waktu tengkurap. Mereka akan mencoba untuk mengangkat kepala meski hanya sedetik.

Simak perkembangan ideal tengkurap bayi sesuai usia selengkapnya pada laman berikutnya, ya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Lihat juga video gaya merangkak pada bayi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]


Anak Usia 0-6 Bulan
Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan.
Cek Yuk arrow-right

Sumber: https://www.haibunda.com/parenting/20230119142350-61-295114/bayi-5-bulan-belum-bisa-tengkurap-kenapa-ini-penyebab-perkembangan-ideal