[Baru] Apa Pahala Puasa Rajab? Berikut Penjelasan Menurut Al-Quran

Suara.com – Bulan rajab adalah salah satu bulan istimewa dan mulia dalam Islam. Apabila kita menjalankan amalan ibadah selama bulan rajab, pahala yang akan kita peroleh sangat besar. Apa saja pahala puasa rajab?

Sebelum mengetahui pahala puasa rajab, mari memahami keistimewaannya terlebih dahulu. Keistimewaan puasa bulan rajab disebutkan dalam Al-Quran surah At-Tuabah ayat 36. Berikut bunyi surah At-Tubah ayat 36 yang menyebutkan keistimewaan puasa rajab. 

Inna ‘iddatasy-syuhuuri ‘indallaahisnaa ‘asyara syahran fii kitaabillaahi yauma khalaqas-samaawaati wal-arda min-haa arba’atun urum, zaalikad-diinul-qayyimu fa laa tazlimuu fiihinna anfusakum wa qaatilul-musyrikiina kaaffatang kamaa yuqaatiluunakum kaaffah, wa’lamuu annallaaha ma’al-muttaqiin

Artinya: 

Baca Juga:
Merespon Pembakaran Al-quran di Swedia, Demonstran Turki Membakar Bendera Swedia

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Yuk, kita ketahui lebih banyak pahala puasa rajab. 

Pahala Puasa Rajab

Bulan Rajab adalah bulan yang hadirnya sebelum bulan Sya’ban dan Ramadhan. Barangsiapa yang menjalankan ibadah puasa, niscaya Allah akan memuliakan kita dengan seribu kemuliaan di hari kiamat. Hal itu tersirat dalam surat At-Taubah ayat 36 di atas. 

Untuk menyambut bulan Rajab, para ulama menyarankan agar kita membaca doa yang bunyinya sebagai berikut:

Baca Juga:
Geram! Menlu Turki Kutuk Aksi Ekstremis di Swedia Bakar Salinan Al-Quran

“Allaahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’baana wa ballighna Ramadhana.”

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan.”

Ketika kita sudah membaca doa tersebut, insyaAllah kegiatan ibadah yang kita laksanakan selama bulan Rajab selalu dalam lindungan dan ridha Allah SWT. Termasuk, jika kamu melaksanakan puasa Rajab. Kamu akan mendapatkan pahala sebagai berikut:

  1. Puasa sehari dalam bulan rajab akan membuat kita mendapatkan syurga firdaus. Puasa sehari laksanakan puasa empat puluh tahun. 
  2. Puasa dua hari selama bulan rajab, pahala kita akan dilipatgandakan. 
  3. Puasa tiga hari pada bulan rajab, kita akan terhalang dari hukuman neraka. 
  4. Puasa selama tujuh hari pada bulan rajab, maka pintu neraka akan tertutup bagi kita. 
  5. Puasa enam belas hari pada bulan rajab, maka kita akan dapat melihat wajah Allah di syurga dan menjadi orang yang memiliki hak untuk menziarahi Allah di surga. 
  6. Sekalipun kita puasa pada awal bulan, pertengahan, dan pada akhir bulan pun kita akan mendapatkan pahala seperti puasa sebulan lamanya. 
  7. Dosa-dosa kita juga akan diampuni, selama kita meminta ampun dan bertaubat pada bulan rajab. Rasulullah saw bersadba bahwasanya, “Bulan rajab adalah bulan permohonan pengampunan bagi ummatku, maka hendaknya mereka memperbanyak istighfar di dalamnya.” 

Demikian itu yang dapat dibahas mengenai pahala puasa rajab. Semoga bermanfaat untuk kamu

Kontributor : Mutaya Saroh

Sumber: https://www.suara.com/news/2023/01/22/205028/apa-pahala-puasa-rajab-berikut-penjelasan-menurut-al-quran