[Baru] Air Mata Tertahan PM Selandia Baru Jacinda Saat Undur Diri Tiba-tiba

Wellington

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern, tiba-tiba mengundurkan diri. Ardern pun tampak menahan air matanya saat mengumumkan pengunduran dirinya.

Pengunduran diri Ardern itu dilakukannya menjelang pemilu mendatang di Selandia Baru. Ardern, yang kini berusia 42 tahun, mengatakan bahwa pengunduran dirinya sebagai PM Selandia Baru ini merupakan keputusannya sendiri.

Dengan pengunduran diri ini, masa jabatan Ardern akan berakhir secara resmi pada 7 Februari mendatang. Dia pun berharap PM baru dari Partai Buruh akan segera dilantik.

Ardern juga mengungkap alasan pengunduran dirinya. Sembari menahan air mata, Ardern menyebut beberapa tahun terakhir menjadi masa-masa sulit baginya sebagai seorang PM, dan menyatakan bahwa dirinya hanyalah manusia dan perlu mundur dari pekerjaannya. Ardern pun menegaskan tidak akan mencalonkan diri kembali dalam pemilu mendatang.

“Ini adalah keputusan saya sendiri,” ucap Ardern, yang kini berusia 42 tahun, saat mengumumkan pengunduran dirinya dalam konferensi pers tersebut.

“Memimpin sebuah negara adalah pekerjaan paling istimewa yang bisa dimiliki siapapun, tapi juga yang paling menantang. Anda tidak bisa dan tidak seharusnya melakukan itu kecuali Anda memiliki kapasitas penuh, ditambah kapasitas cadangan bagi tantangan-tantangan yang tidak terduga,” jelasnya.

Lebih lanjut dituturkan Ardern bahwa pada akhir tahun 2022, dirinya merenungkan apakah dia memiliki kemampuan yang diperlukan untuk terus menjadi PM Selandia Baru, yang berujung kesimpulan bahwa sudah waktunya untuk mundur.

“Saya tidak lagi memiliki cukup kapasitas untuk menjalankan (pekerjaan itu) dengan benar,” sebut Ardern menjelaskan alasannya mengundurkan diri.

Lantas, apa yang akan dilakukan pemimpin negeri Kiwi itu setelah pengunduran dirinya yang mengejutkan ini? Ardern mengatakan dia tidak punya rencana masa depan, selain menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya.

Ardern yang mencetak rekor sebagai salah satu pemimpin termuda di dunia ini, berterima kasih kepada pasangannya, Clarke Gayford, dan putrinya Neve, yang dia lahirkan saat menjabat. Dia menyebut mereka sebagai “orang-orang yang telah berkorban paling banyak dari kita semua”.

“Untuk Neve: ibu sangat menantikan ada di sana ketika kamu mulai sekolah tahun ini. Dan untuk Clarke – ayo kita menikah,” ujar Ardern.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-6525149/air-mata-tertahan-pm-selandia-baru-jacinda-saat-undur-diri-tiba-tiba