[Baru] Ahli Ungkap Plankton Jadi Penyebab Air Laut Selayar Sulsel Berubah Hijau

Selayar

Air laut di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), tiba-tiba berubah hijau dan membuat warga heboh. Ahli Ekologi Laut Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof Ambo Tuwo, menjelaskan penyebab fenomena itu.

“Jadi itu (air laut) hijau namanya blooming. Itu blooming artinya populasinya itu meledak, jadi populasi plankton itu banyak sekali,” jelas Prof Ambo seperti dilansir detikSulsel, Jumat (20/1/2023).

Dia mengatakan kondisi itu disebabkan adanya suplai bahan organik dari darat yang masuk ke laut. Dia menduga hal itu yang memicu populasi plankton di lautan bertambah secara drastis.

“Karena ada bahan organik berlebihan, maka fotosintesa mikroalgae, itu tumbuhan kecil di dalam air, yang populasinya meledak,” ujarnya.

Ambo menyebut air laut berubah menjadi hijau ini juga disertai bau busuk. Dia mengatakan hal itu juga disebabkan meledaknya populasi plankton.

Simak selengkapnya di sini.

(haf/idh)

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6526177/ahli-ungkap-plankton-jadi-penyebab-air-laut-selayar-sulsel-berubah-hijau