[Baru] 6 Pangdam IX/Udayana Berdarah Batak, Nomor Terakhir Jadi Panglima Kostrad

loading…

Terdapat sejumlah Pangdam IX/Udayana yang diketahui memiliki darah Batak. Foto DOK ist

JAKARTA – Terdapat sejumlah Pangdam IX/Udayana yang diketahui memiliki darah Batak . Salah satunya saat ini tengah menjabat sebagai Panglima Kostrad .

Batak menjadi salah satu suku terkemuka di Indonesia yang berasal dari Pulau Sumatra. Dari sekian banyak penyandang marga tersebut, beberapa di antaranya diketahui telah menjadi orang penting, termasuk dalam bidang militer dan menjadi Panglima Kodam Udayana.

Baca juga : Mengenal Jenderal TNI yang Berasal dari Marga Batak Silalahi

Sekadar informasi, Kodam IX/Udayana ini merupakan komando kewilayahan pertahanan yang meliputi daerah Kepulauan Nusa Tenggara. Adapun untuk markasnya sendiri berada di Denpasar, Bali.

Berikut enam Pangdam IX/Udayana yang memiliki darah Batak.

1. Mayjen TNI (Purn) George Robert Situmeang

Mayjen TNI (Purn) George Robert Situmeang merupakan salah seorang tokoh militer Indonesia. Pria kelahiran Tapanuli Utara, Sumatra Utara ini diketahui sebagai lulusan Akmil 1974.

Dalam riwayatnya, George Robert Situmeang pernah menjabat Panglima Kodam IX/Udayana pada tahun 2008. Akan tetapi, dia mengabdi dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Mengutip keterangan dari laman resmi TNI, George Robert menjabat Pangdam IX/Udayana hanya sekitar 5 bulan saja. Hal ini dikarenakan pada Juni 2008 dia beralih tugas menjadi Inspektur Jenderal TNI-AD.

2. Letjen TNI (Purn) Sintong Panjaitan

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1005295/14/6-pangdam-ixudayana-berdarah-batak-nomor-terakhir-jadi-panglima-kostrad-1674637285