[Baru] 5 Jenderal TNI Alumni Akmil 1993, 2 Jabat Pangdam

loading…

Sejumlah Jenderal TNI alumni Akademi Militer (Akmil) 1993 yang diulas dalam artikel ini menarik untuk diketahui. Foto/tni.mil.id dan istimewa

JAKARTA – Sejumlah Jenderal TNI alumni Akademi Militer ( Akmil ) 1993 yang diulas dalam artikel ini menarik untuk diketahui. Dua orang di antaranya saat ini menjabat Panglima Komando Daerah Militer atau Pangdam.

Dilansir dari laman resmi akmil.ac.id, Akmil merupakan Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabes TNI Angkatan Darat ( AD ) yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Akmil juga bisa disebut sebagai pabrik pencetak para jenderal.

Adapun tugas pokok Akmil adalah untuk membentuk Taruna Akademi Militer menjadi Perwira TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Saptamarga, pengetahuan, dan keterampilan dasar golongan perwira, berkualifikasi Akademis Program Diploma IV Pertahanan serta jasmani yang samapta. Akmil menempati tanah seluas 654,4493 hektare.

Baca juga: 5 Jenderal TNI Alumni Akmil 1994, Nomor 2 Pernah Jadi Perisai Jokowi

Lokasinya di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, dengan ketinggian 400 meter dari permukaan laut dan beriklim sejuk, yang dikelilingi oleh Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sundoro, dan Gunung Tidar. Nah, SINDOnews bakal mengulas lima Jenderal TNI Alumni Akmil 1993. Siapa saja mereka?

1. Mayor Jenderal (Mayjen) Widi Prasetijono
Pria kelahiran 4 Juni 1971 ini menjabat Pangdam IV/Diponegoro. Wilayah Kodam IV/Diponegoro meliputi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kodam ini membawahi Korem 071/Wijayakusuma (WK) di Purwokerto, Korem 072/Pamungkas (PMK) di Yogyakarta, Korem 073/Makutarama (MKT) di Salatiga, dan Korem 074/Warastratama (WRS) di Surakarta. Widi merupakan lulusan Akmil 1993 yang mengawali karier militernya melalui kesatuan Infanteri Kopassus.

Foto/kodam4 mil.id

Baca: 4 Mantan Ajudan Presiden Jadi Danjen Kopassus, Nomor 2 Penumpas Teroris Komando Jihad

Sebelumnya, suami dari Novita Permatasari ini menjabat Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Dia juga pernah menjabat sebagai Danton Grup 2 Kopassus (1995). Kemudian, Widi dipercaya menjabat sebagai Kasi Logistik Grup 1 Kopassus pada 2003.

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1001707/14/5-jenderal-tni-alumni-akmil-1993-2-jabat-pangdam-1674255678