[Baru] 3 Tips agar Bunda dan Ayah Tenang Menghadapi Pertanyaan ‘Kapan Hamil?’

Jakarta

Bunda merasa kesal saat ditanya ‘Kapan hamil?’ oleh kerabat atau teman? Kesal adalah respons yang wajar saat mendapatkan pertanyaan bersifat pribadi ini.

Bagi sebagian orang, pertanyaan ‘Kapan hamil?’ bisa dianggap kasar. Meski pertanyaan tidak bermaksud untuk menyakiti, pasangan suami istri bisa merasa enggak nyaman dengan pertanyaan seputar kehamilan dan pernikahan.

“Mungkin tidak disengaja, tetapi pertanyaan itu dapat menunjukkan kurangnya kepekaan, empati, atau rasa hormat karena sudah kelewat batas,” kata Georgia Witkin Ph.D., penulis buku The Female Stress Survival Guide, dilansir Psychology Today.

Alasan tidak bertanya seputar kehamilan

Bertanya seputar kehamilan bisa menjadi tindakan yang enggak sopan. Berikut 3 alasan kenapa kita sebaiknya tidak bertanya seputar kehamilan pada pasangan suami istri, seperti dikutip dari Family Education:

1. Memalukan dan tak nyaman

Pertanyaan seputar kehamilan bisa saja menyakiti perasaan seorang wanita. Apalagi bila kenyataannya mereka sulit untuk hamil meski sudah menjalankan promil, Bunda.

Tak hanya itu, pertanyaan ‘Kapan hamil?’ atau “Kamu hamil ya?” dapat menjadi pertanyaan yang memalukan. Terutama bila kita bertanya di depan orang banyak yang sudah mengetahui kondisi pasangan suami istri tersebut.

2. Mungkin pernah mengalami keguguran

Sebelum mengajukan pertanyaan soal kehamilan, kita sebaiknya mencari tahu fakta yang pernah dialami pasangan suami istri tersebut. Biasa saja mereka memutuskan menunda kehamilan karena trauma pernah keguguran.

3. Memang belum ingin hamil

Banyak pasangan suami istri memutuskan untuk tidak hamil karena kondisi tertentu. Selain karena trauma keguguran, bisa juga karena kondisi medis yang memengaruhi kesuburan.

Menghadapi pertanyaan ‘Kapan hamil?’ bisa cukup sulit untuk beberapa pasangan. Lalu bagaimana cara tepat untuk tetap tenang saat ditanyakan soal kehamilan ya?

Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tips agar pembuahan berhasil setelah berhubungan intim, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]


Program Hamil
Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan.
Cek Yuk arrow-right

Sumber: https://www.haibunda.com/kehamilan/20230118110638-49-294946/3-tips-agar-bunda-dan-ayah-tenang-menghadapi-pertanyaan-kapan-hamil