[Baru] 3 Kuliner Berbahan Petis, Wajib Dicoba saat Singgah di Sidoarjo

jatimnow.com – Belum dianggap ke Sidoarjo jika tidak mencicipi masakan khas dan paling direkomendasikan masyarakat Kota Delta.

Salah satu ciri khas Sidoarjo adalah bumbu petisnya. Bumbu ini dapat dijadikan bahan dasar olahan berbagai masakan. Sebut saja lontong kupang dan rujak.

Berdasar pada berbagai informasi yang dihimpun jatimnow.com, Kota Delta memiliki 3 kuliner berbahan dasar petis. Wajib Anda coba saat healing atau traveling ke Sidoarjo.

(foto: IG @surabayafoodies)

1. Lontong Kupang Pak Misari

Belum ke Sidoarjo kalau belum menjajal lontong kupang. Rekomendasi makanan khas Sidoarjo yang maknyus adalah lontong kupang Pak Misari.

Lokasinya di Jalan Mojopahit, Sidokare. Pak Misari merupakan salah satu penjual lontong kupang legend di Sidoarjo, lantaran sudah ada sejak tahun 1993.

Cita-rasa sambal petis yang masih dibuat pemiliknya, Misari. Olahannya menjadi idaman para pecinta kuliner saat datangnya waktu makan siang.

Buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB, kupang lontong Pak Misari tak pernah sepi pengunjung. Cobalah datang waktu makan siang, Anda harus rela antre untuk mendapatkan seporsi kupang lontong lengkap dengan sate kerangnya.

foto: (Zainul Fajar/jatimnow.com)foto: (Zainul Fajar/jatimnow.com)

2. Rujak Cingur Tanggulangin

Baca juga:
Pilihan Pembaca: Rujak Cingur, Tangisan Jelang Maghrib, Uni Humaira

Bila Anda berbelanja tas, jaket, atau sepatu kulit di Tanggulangin, cobalah mampir ke Jalan Wates Kedensari, Desa Kedensari. Di lokasi tersebut terdapat rujak cingur yang sudah berdiri sejak tahun 1970-an.

Rujak cingur Tanggulangin telah memiliki pelanggan dari Gresik, Surabaya hingga Mojokerto. Bahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa apabila berkunjung ke Kota Delta selalu menyempatkan diri ke rujak cingur di Tanggulangin ini.

Potongan cingurnya cukup besar, dipadu bumbu petis yang diolah dengan kacang menjadi sajian makan siang yang enak.

Dengan harga Rp20 ribu, Anda dapat menikmati lezatnya rujak di Tanggulangin yang legendaris ini. Ingat, jangan terlalu sore datang ke sini.

foto: IG @sidoarjokulinerfoto: IG @sidoarjokuliner

3. Tahu Tek Cak Shodiq

Baca juga:
Kelezatan Rujak Cingur Bu Bokin Jombang Manjakan Lidah 2 Presiden Indonesia

Tahu Telur atau yang biasa disebut dengan Tahu Tek Cak Shodiq menjadi makanan berbahan dasar petis yang juga sangat kondang dan legendaris di Sidoarjo.

Berdiri sejak 1976, tahu tek Cak Shodiq terkenal dengan porsinya yang brutal. Ukurannya jumbo atau oversize. Berjualan di Jalan Wijayakusuma 86, Sekardangan. Tepatnya di depan SD Negeri Sekardangan.

Buka mulai pukul 15.00-21.00 WIB, makanan yang sangat cocok disantap malam hari ini menjadi salah satu makanan yang paling direkomendasikan warga Sidoarjo.

Anda dapat melihat aksi penjual saat mengolah bumbu dengan cobek berbentuk cekung besar. Sekali membuat, penjual bisa melayani untuk 40 porsi.

Soal rasa, dijamin maknyus. Tidak akan mengecewakan. Dengan hanya Rp12 ribu, Anda dapat porsi jumbo yang kenyang dan tentunya enak.

Sumber: https://jatimnow.com/baca-54649-3-kuliner-berbahan-petis-wajib-dicoba-saat-singgah-di-sidoarjo