[Baru] 2 Desa di Aceh Besar Terendam Banjir Setelah Diguyur Hujan Berhari-hari

Sungai Krueng Lingka di Aceh Besar meluap sehingga menyebabkan banjir di Desa Teupin Batee dan Desa Cot Leuot, Blang Bintang Aceh Besar, Minggu (22/1). (ANTARA/HO/BPBD Aceh Besar)

jpnn.com, ACEH BESAR – Dua desa di Kabupaten Aceh Besar terendam banjir setelah Sungai Krueng Lingka meluap. Sungai itu meluap setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak dua hari lalu.

“Sungai Krueng Lingka Aceh Besar meluap, sehingga menyebabkan banjir di Desa Teupin Batee dan Desa Cot Leuot, Kecamatan Blang Bintang,” kata Kepala BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil dikutip dari Antara, Minggu (22/1).

Menurut dia, dua desa yang mengalami banjir tersebut berada di wilayah bantaran Sungai Krueng Lingka, sehingga saat airnya meluap langsung berimbas ke lahan masyarakat.

Banjir itu juga menggenangi lahan pertanian dan menutupi badan jalan penghubung antardesa. Hal itu sangat mengganggu aktivitas masyarakat setempat.

“Untuk rumah warga saat ini belum ada yang tergenang karena rumah masyarakat yang berada di kawasan tersebut berkonstruksi panggung,” ujarnya.

Saat ini, kata Ridwan, ketinggian debit air sungai sudah mulai menurun, meski demikian cuaca masih mendung dan berpotensi kembali terjadinya hujan.

“Secara visual cuaca mendung dan masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir,” katanya.

Sebagai langkah antisipasi, Ridwan telah menginstruksikan seluruh petugas BPBD untuk siaga dan terus menyampaikan laporan setiap perkembangan dampak dari tingginya intensitas curah hujan yang berpeluang terjadinya banjir, longsor, dan pohon tumbang.

Hujan deras yang mengguyur kawasan Aceh Besar selama berhari-hari membuat sungai meluap dan merendam rumah warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Sumber: https://www.jpnn.com/news/2-desa-di-aceh-besar-terendam-banjir-setelah-diguyur-hujan-berhari-hari